Alaska Dilanda Gempa 7 SR, Peringatan Tsunami Dicabut

Otoritas di Alaska mencabut peringatan Tsunami yang semula dikeluarkan terkait gempa berkekuatan 7 SR untuk bagian tenggara Alaska, AS.

SEbuah sudut jalan di Anchorage, Alaska, rusak setelah diguncang gempa bermagnitudo 7,0 SR, Jumat. (Foto/Twitter @Jlennyb)

ANCHORAGE (SALAM-ONLINE): Gempa bumi dahsyat dengan kekuatan 7,0 Skala Richter (SR) menimpa Anchorage, kota terbesar di Alaska, AS, Jumat (30/11/2018). Sejumlah bangunan dan jalan raya rusak.

Sejauh mana kerusakan masih belum jelas. Tetapi dari rekaman yang diposting online menunjukkan jalan raya utama tertekuk di bawah kekuatan seismik. Dan setidaknya satu kendaraan terdampar.

Titik pusat gempa dilaporkan hanya 12 kilometer di utara kota terbesar Alaska, Anchorage. Survei Geologi menempatkan kekuatan gempa bumi pada 7,0 SR.

Gempa melumpuhkan kantor perwakilan CNN di kota tersebut. “Barang-barang berjatuhan,” kata  Direktur Pemberitaan CNN, Tracy Sabo.

Serangkaian gempa susulan menghantam daerah itu. Gempa susulan terbesar berukuran 5,7 SR.

Baca Juga

Peringatan tsunami untuk bagian tenggara Alaska dikeluarkan segera setelah gempa pertama terjadi. Tapi kemudian dicabut.

Gubernur Alaska Bill Walker menyatakan di Twitter dia telah melakukan kontak dengan Gedung Putih terkait bencana ini.

Walker mengatakan dia dan pejabat senior Alaska lainnya berkoordinasi dengan tim tanggap darurat “untuk memastikan bahwa Alaska selamat”.

“Kami terus memantau laporan gempa susulan dan menilai kerusakan jalan, jembatan dan bangunan,” katanya.

Pusat komando respons telah didirikan di sebuah pangkalan militer di timur laut Anchorage, kata Walker. (mus)

Sumber: CNN

Baca Juga