PBB Tolak Rancangan Resolusi AS yang Sebut Hamas ‘Teroris’

PBB menolak proposal AS untuk mengutuk Hamas dan melabelinya sebagai “teroris”. Proposal itu gagal mendapatkan dua pertiga suara mayoritas yang harus dilalui sebagai syarat disetujuinya resolusi.NEW YORK (SALAM-ONLINE): Majelis Umum PBB secara tegas menolak resolusi yang disponsori AS, Kamis (6/12/2018). Rancangan resolusi itu mengutuk Hamas dengan melabelinya sebagai “teroris”.

Resolusi, didukung kuat oleh penjajah Zionis dan AS, membutuhkan dua pertiga mayoritas untuk lulus menyusul pemungutan suara sebelumnya di majelis.

Pemungutan suara akhirnya gagal melewati ambang yang lebih tinggi. Sebanyak 87 negara memberikan suara dan 57 lainnya menentang. Tiga puluh tiga negara abstain.

Resolusi itu adalah salah satu tugas akhir utusan AS di PBB, Nikki Haley, sebelum ia meninggalkan jabatannya pada akhir tahun.

Di Twitter, Presiden Donald Trump dan utusan AS untuk perdamaian Timur Tengah, Jason Greenblatt, mengecam hasil pemungutan suara itu dengan menyebutnya “benar-benar memalukan”.

“PBB gagal mengutuk #Hamas bahkan setelah bertahun-tahun serangan melalui ‘bom bunuh diri’, penculikan, rudal dan lainnya terhadap warga Zionis. Tepuk tangan setelah pemungutan suara mengatakan itu semua,” katanya, sebagaimana dikutip Anadolu Agency (AA), Jumat (7/12). (mus)

Sumber: AA

Baca Juga