Perombakan Kabinet Terbatas di Saudi, Menlu Al-Jubeir Diganti

Perombakan kabinet terbatas mengangkat Ibrahim al-Assaf sebagai menteri luar negeri, menggantikan Adel al-Jubeir yang dimutasi menjadi menteri negara untuk urusan luar negeri.

Adel Al-Jubeir

RIYADH (SALAM-ONLINE): Raja Saudi Salman Bin Abdulaziz, Kamis (27/12/2018) melakukan perombakan kabinet terbatas, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan seperti dikutip Anadolu Agency (AA), Kamis (27/12).

Ibrahim al-Assaf diangkat sebagai menteri luar negeri, menggantikan Adel al-Jubeir, yang dimutasi menjadi menteri negara untuk urusan luar negeri.

Abdullah bin Bandar bin Abdulaziz diangkat sebagai Menteri Garda Nasional Saudi; Hamad al-Sheikh diangkat menjadi menteri pendidikan; dan Turki al-Shabanah mendapatkan posisi menteri informasi.

Perombakan juga menghapus jabatan Turki al-Sheikh dari posisinya sebagai kepala Otoritas Umum untuk Olahraga dan mengangkatnya menjadi kepala Otoritas Umum untuk Hiburan.

Dekrit kerajaan itu juga menyerukan restrukturisasi Dewan Urusan Politik dan Keamanan—di bawah kepemimpinan Putra Mahkota Mohammad Bin Salman—dan restrukturisasi Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan.

Putra Mahkota mempertahankan posisinya sebagai wakil perdana menteri dan menteri pertahanan.

Keputusan juga menyerukan pembentukan badan pemerintah pertama kerajaan kaya minyak yang dikhususkan untuk eksplorasi ruang angkasa, yang akan dipimpin oleh Sultan bin Salman. (mus)

Sumber: AA

Baca Juga
awefawef91955
%d bloggers like this: