Perundingan Damai Yaman Dimulai di Swedia Kamis Ini

Perwakilan dari pemerintahan Yaman yang sah dan pemberontak Syiah Houthi akan bertemu di Stockholm, Swedia, untuk memulai pembicaraan damai.

Ilustrasi: Pemuda Yaman mengibarkan bendera negaranya

SANA’A (SALAM-ONLINE): Perundingan damai yang ditengahi PBB antara pemberontak Syiah Houthi dengan pemerintah sah Yaman akan dimulai pada Kamis (6/12/2018) di Swedia, seorang anggota terkemuka Houthi, Hamid Asem, mengatakan Selasa (4/12).

“Kamis adalah tanggal untuk pembicaraan (damai), kecuali beberapa perubahan terjadi,” kata Hamid Asem kepada kantor berita Anadolu di Bandara Internasional Sana’a saat bersiap-siap menunggu penerbangannya ke Swedia, Selasa (4/12).

Dia berharap perundingan damai itu akan menghasilkan pemahaman antara kedua belah pihak dengan ketentuan bahwa “Arab Saudi dan AS akan menerima penghentian perang”.

Sebuah sumber di Bandara Internasional Sana’a mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa negosiator pemberontak (Syiah Houthi) terbang dari Sana’a ke ibu kota Swedia, Stockholm, menggunakan pesawat Kuwait Airlines dengan utusan khusus PBB ke Yaman, Martin Griffith.

Baca Juga

Sumber yang tak ingin disebut identitasnya itu menolak memberikan rincian lebih lanjut.

Perwakilan dari pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dan pemberontak Syiah Houthi akan bertemu di Stockholm untuk pembicaraan yang disponsori PBB dengan tujuan untuk mengakhiri konflik empat tahun di negara miskin itu.Yaman telah dilanda kekerasan sejak 2014, ketika kelompok pemberontak Syiah Houthi dukungan Iran menguasai sebagian besar negara. Krisis meningkat pada 2015 ketika koalisi yang dipimpin Saudi melancarkan serangan udara untuk mengembalikan pemerintahan Yaman yang sah.

Puluhan ribu orang, termasuk warga sipil, diyakini telah terbunuh. PBB memperkirakan bahwa sekitar 14 juta warga Yaman berisiko kelaparan. (mus)

Sumber: AA

Baca Juga