Turki Bangun Tangki Air untuk Pengungsi di Yaman

Bulan Sabit Merah Turki secara rutin memberikan bantuan kemanusiaan ke sebuah kamp pengungsi di Aden, Yaman, tempat sekitar 500 pengungsi tinggal. ADEN (SALAM-ONLINE): Bulan Sabit Merah Turki (Kizilay) telah membangun tangki air untuk para pengungsi di kota pesisir Yaman, Aden, kantor berita Anadolu melaporkan Rabu (26/12/2018).

Kepala delegasi Bulan Sabit Merah Turki di Yaman, Mehmet Sancar, mengatakan, pihaknya secara teratur memberikan bantuan kemanusiaan dasar ke sebuah kamp pengungsi di Aden, tempat sekitar 500 pengungsi tinggal.

“Sejak kedatangan kami, kami telah melaksanakan proyek-proyek kami untuk memenuhi kebutuhan air minum saudara-saudara Yaman kami di kota-kota tenda, di mana mereka harus mengungsi dari rumah mereka karena perang,” katanya.

“Tangki air itu akan melayani kebutuhan minum untuk 100 keluarga di kamp,” ​​tambahnya.

“Sekitar 3,5 juta orang meninggalkan rumah mereka di Yaman.”

Abdulsaid Ahmed Uvaid, seorang pengungsi di kamp, ​​mengatakan bahwa Bulan Sabit Merah Turki telah mendistribusikan air ke kamp mereka.

“Sebelumnya, kami dulu mendapatkan air dari luar, sekarang kami bisa mendapatkannya di sini,” kata Uvaid.

Dia juga mengatakan para pengungsi di kamp membutuhkan makanan dan obat-obatan untuk memerangi penyakit tulang dan ginjal serta kanker.

Yaman telah dirundung konflik sejak 2014, ketika pemberontak Syiah Houthi menguasai sebagian besar wilayah di Yaman, termasuk ibu kota Sana’a. Milisi Syiah dukungan Iran itu memaksa pemerintah Yaman berkantor sementara di kota pesisir Aden.

Tahun berikutnya, 2015, Arab Saudi dan beberapa sekutunya melancarkan serangan udara besar-besaran di Yaman dengan tujuan merebut kembali wilayah yang dikuasai Houthi atas nama pemerintah pro-Saudi di negara itu.

Serangan udara itu telah menghancurkan banyak infrastruktur dasar Yaman, termasuk sistem kesehatan dan sanitasi. PBB menggambarkan situasi tersebut sebagai “salah satu bencana kemanusiaan terburuk di zaman modern”.

Bulan Sabit Merah Turki dan kelompok-kelompok lain yang memberikan bantuan, termasuk Direktorat Urusan Agama Turki (Diyanet), baru-baru ini meluncurkan kampanye untuk mengumpulkan uang demi membantu rakyat Yaman. (mus)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga