Turki Tampung Migran dari 190 Negara

Turki menampung 4,7 juta migran dari 190 negara. Sebanyak 3,6 juta di antaranya adalah warga Suriah, kata Dirjen Manajemen Migrasi Kemendagri Turki.ANKARA (SALAM-ONLINE): Turki adalah rumah bagi para migran dari 190 negara, kata Direktur Jenderal Departemen Manajemen migrasi Kementerian Dalam Negeri, Abdullah Ayaz.

Pada kesempatan Hari Migran Internasional, Selasa (18/12/2018), Abdullah Ayaz mengatakan, Turki menampung 4,7 juta migran. Dari jumlah itu, 3,6 juta di antaranya adalah warga Suriah.

Pada 2011 dengan dimulainya krisis kemanusiaan di Suriah, terang Ayaz, Turki menerapkan kebijakan “pintu terbuka” dan menjadi negara yang menampung lebih banyak pengungsi daripada negara lain di dunia.

“Migran di Turki adalah tamu kami,” katanya kepada kantor berita Anadolu, Selasa (18/12). seraya menambahkan wilayah Anatolia telah menjadi tuan rumah banyak peradaban sepanjang sejarah.

Ayaz mengatakan bahwa para migran berkontribusi pada kehidupan sosial, masyarakat, budaya dan ekonomi negara itu. Dia memaparkan bahwa banyak dari mereka mengambil keuntungan dari layanan pendidikan di Turki. Sementara yang lainnya mencari pekerjaan dan mendaftar untuk izin kerja, atau membangun bisnis mereka sendiri.

Baca Juga

Dia mencatat bahwa Direktorat Jenderal Manajemen Migrasi berencana meluncurkan program informatif ‘Live in Turkey’ (Tinggal di Turki) dalam enam bahasa mulai 2019 nanti.

Orang asing akan dapat mengakses informasi menyeluruh di liveinturkey.gov.tr, kata Ayaz. (mus)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga