Kedubes dan Konsulat Asing di Australia Dapat Kiriman Paket ‘Mencurigakan’

Polisi Federal Australia mengatakan mereka tengah menyelidiki kiriman paket mencurigakan di sejumlah konsulat dan kedutaan besar di Melbourne dan Canberra.

Kru pemadam kebakaran di Melbourne bersiap setelah mendapat laporan bahwa beberapa paket ‘mencurigakan’ telah dikirim ke konsulat dan kedutaan asing di Australia. (Foto: Kaitlyn Offer/AAP Image/AP)

MELBOURNE (SALAM-ONLINE): Polisi Australia sedang menyelidiki beberapa paket mencurigakan yang dikirim ke kedutaan dan konsulat asing di kota Melbourne dan ibu kota Canberra, Rabu (9/1/2019).

“Keadaan di sekitar kejadian sedang diselidiki,” kata Polisi Federal Australia (AFP) tanpa memberikan rincian, Aljazeera melaporkanRabu (9/1).

Polisi belum mengidentifikasi perwakilan asing yang dikirimi paket mencurigakan itu. Tetapi para pejabat di konsulat AS dan Inggris di Melbourne secara terpisah mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima paket mencurigakan tersebut.

Media lokal melaporkan lebih dari selusin kantor asing menerima paket mencurigakan. Beberapa staf perwakilan asing menerangkan paket itu mengandung asbes—bahan yang digunakan dalam bangunan yang dapat menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya.

Konsulat di Melbourne yang dilaporkan oleh media telah menerima paket mencurigakan itu adalah Yunani, Italia, Spanyol, Thailand, India, Jepang, Pakistan, Mesir, Denmark dan Swiss.

Seorang juru bicara Komisi Tinggi Inggris mengonfirmasi kantornya di Melbourne telah menerima paket mencurigakan.

“Kami bekerja sama erat dengan AFP dan pihak berwenang setempat mengenai situasi ini,” kata juru bicara itu. “Semua staf kami aman.”

Konsulat AS di kota itu mengatakan mereka juga menerima paket “mencurigakan”. Juru bicara konsulat tersebut mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan AFP dan Pasukan Pemadam Kebakaran Melbourne. (mus)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga