PBB Mulai Lakukan Penyelidikan Internasional Pembunuhan Khashoggi

Pengumuman ini disampaikan hanya beberapa hari setelah Turki menyatakan bahwa negara itu siap untuk melakukan investigasi terhadap pembunuhan Khashoggi.

Soerang pengunjuk rasa memegang foto Jamal Khashoggi dalam demo di depan Kedubes Saudi di Washington

SALAM-ONLINE: Kantor Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan kemarin bahwa mereka memulai penyelidikan atas pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi.

Dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Middle East Monitor (MEMO), Sabtu (26/1/2019), PBB mengatakan bahwa panel independen akan berusaha untuk menetapkan “sifat dan tingkat tanggung jawab negara dan individu untuk pembunuhan tersebut”.

Pelapor khusus PBB untuk eksekusi di luar hukum, Agnes Callamard, menyatakan dia akan melakukan perjalanan ke Turki pekan depan untuk memimpin “penyelidikan internasional independen” dalam kasus pembunuhan Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018 lalu.

Baca Juga

Pengacara Inggris Helena Kennedy dan Duarte Nuno Vieira, seorang ahli patologi dan profesor di departemen kedokteran hukum dan forensik di Universitas Coimbra, Portugal, termasuk di antara anggota tim. Bersama dengan Callamard, mereka akan mengunjungi Turki antara 28 Januari hingga 3 Februari mendatang. Mereka berencana akan melaporkan hasil penyelidikan tersebut ke Dewan HAM PBB pada Juni nanti.

Callamard mengatakan bahwa temuan itu akan diekspose di kantor HAM PBB pada 19 Juni.

Pengumuman ini disampaikan hanya beberapa hari setelah Turki menyatakan bahwa negara itu siap untuk melakukan investigasi terhadap pembunuhan Khashoggi. (mus)

Sumber: MEMO

Baca Juga