Pensiunan Iran Protes Uang Pensiun ‘Tidak Mencukupi’

Pensiunan guru dan perawat berunjuk rasa di depan gedung parlemen di Teheran. Mereka memprotes karena anggaran tahun 2019 negara itu tidak memperhitungkan hak-hak mereka.TEHERAN (SALAM-ONLINE): Lusinan pensiunan Iran melakukan protes di Teheran terhadap apa yang mereka sebut sebagai pensiun “tidak mencukupi”.

Para pengunjuk rasa, sebagian besar pensiunan guru dan perawat, berkumpul di depan gedung parlemen di ibu kota Teheran, Rabu (2/1/2019), lansir kantor berita Anadolu

Menurut Kantor Berita Buruh Iran, para demonstran meneriakkan slogan-slogan terhadap inflasi yang merajalela, dengan beberapa spanduk yang bertuliskan, di antaranya: “Tegakkan Hukum, Jangan mendiskriminasi Kami”.

Para pensiunan yang berunjuk rasa itu mengeluh bahwa anggaran negara 2019 Iran tidak memperhitungkan hak-hak mereka. Oleh karenanya mereka menuntut agar anggaran itu disesuaikan kembali.

Pada Januari 2018 lalu, para purnawirawan perwira militer Iran juga melakukan protes serupa di depan parlemen untuk menuntut pensiun yang lebih tinggi.

Tahun fiskal Iran sendiri dimulai pada 21 Maret. (mus)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga