Politisi & Mantan Presiden Afghan Akan Hadiri Pembicaraan dengan Taliban di Moskow

Sejumlah politisi Afghanistan, termasuk mantan Presiden Hamid Karzai akan bertemu dengan perwakilan Taliban di Moskow pekan depan.KABUL (SALAM-ONLINE): Para pemimpin Afghanistan akan bertemu dengan kelompok Taliban untuk pembicaraan damai di Moskow, Kedutaan Besar Rusia untuk Afghanistan mengatakan Senin (4/2/2019).

Sejumlah politisi Afghanistan, termasuk mantan Presiden Hamid Karzai akan bertemu dengan perwakilan Taliban di Moskow pekan depan.

Karzai mengatakan dalam tweetnya bahwa ia akan menghadiri pertemuan yang diselenggarakan oleh Dewan diaspora Afghanistan di Rusia.

“(Kami) akan membawa pesan perdamaian, persatuan, kedaulatan dan kemajuan bagi kita semua; pria, wanita dan anak-anak dari negara kita tercinta,” ujar Karzai seperti dilansir kantor berita Anadolu, Senin (4/2).

Karzai menekankan pertemuan itu akan fokus pada perlindungan dan penguatan Republik Islam serta diadopsinya prinsip netralitas dalam konflik regional dan global oleh Afghanistan. Dia menambahkan pertemuan itu juga akan fokus pada implementasi gencatan senjata dengan dimulainya pembicaraan damai dan mengurangi ancaman negara itu ke negara-negara lain.

Baca Juga

Juru bicara Dewan Perdamaian Tinggi negara bagian itu, Syed Ehsan Tahiri, mengatakan kepada Anadolu bahwa pemerintah mendukung dialog untuk mengakhiri perang di Afghanistan. Tahiri menekankan bahwa dia berharap pertemuan itu menjadi titik awal untuk pembicaraan damai.

Pemerintah Kabul yang telah dijauhkan dari pertemuan telah menekankan perdamaian hanya dapat dicapai melalui pembicaraan langsung.

Hal itu terjadi di tengah dorongan AS baru-baru ini untuk melakukan pembicaraan dengan Taliban dan kecemasan di Kabul yang disebabkan oleh kekhawatiran penarikan pasukan asing secara tiba-tiba dari negara yang lelah perang itu. (mus)

Sumber: Anadolu

Baca Juga