Diplomat Turki Gugur dalam Serangan Bersenjata di Irak

ERBIL (SALAM-ONLINE): Seorang diplomat Turki gugur dalam serangan bersenjata di sebuah restoran di Erbil, Irak pada Rabu (16/7/2019), kantor berita Anadolu melaporkan.

Menurut pemilik restoran, penyerang—berpakaian biasa dan membawa dua senjata—menyerang para diplomat Turki yang tengah makan di sebuah restoran di Erbil.

Diplomat Turki itu bekerja di Konsulat Jenderal Turki di Erbil. Dia gugur setelah penyerang menyerbu restoran itu setelah ditembak.

Kepala polisi Erbil, Abdulhalik Talat, mengatakan penyelidikan segera dilakukan atas peristiwa tersebut. Informasi lebih lanjut akan diampaikan kemudian.

Semua jalan menuju kota-kota lain diblokir untuk mencegah penyerang melarikan diri.

Pasukan keamanan mengambil tindakan di depan restoran setelah serangan itu.

Kementerian Luar Negeri Turki, dalam sebuah pernyataan tertulis langsung mengonfirmasi bahwa seorang diplomat Turki “mati syahid” dalam serangan itu.

“Sore ini (17 Juli 2019), seorang pejabat Konsulat Jenderal kami di Erbil telah ‘mati syahid’ akibat serangan keji, ketika dia berada di luar komplek Konsulat kami,” tulis pernyataan itu.

“Kami berharap rahmat Allah atas syuhada kami, menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarganya dan Bangsa Turki,” katanya.

“Kami telah meminta pemerintah Irak dan regional untuk menemukan pelaku serangan dengan cepat,” tambah kementerian itu.

Sementara kementerian luar negeri Irak pada Rabu mengecam serangan bersenjata tersebut.

“Kami sangat mengutuk insiden itu. Kami terus berkoordinasi dengan otoritas resmi untuk mengetahui detail insiden itu,” kata Ahmed al-Sahaf, juru bicara kementerian luar negeri Irak dalam sebuah pernyataan singkat. (mus/salam)

Sumber: Anadolu

Baca Juga
awefawef94914
%d bloggers like this: