Mesir Masih Diguncang Demo Anti Rezim

Jalan menuju Lapangan Tahrir, Kairo, Mesir, diblokir oleh pasukan rezim untuk mencegah para demonstran anti-Sisi berunjuk rasa di kawasan popular itu, pada Jumat, 27 September 2019. (Foto: Anadolu Agency)

KAIRO (SALAM-ONLINE): Rakyat Mesir masih berunjuk rasa. Berbagai kota di Mesir diguncang demo. Pengunjuk rasa menggelar aksi protes, anti rezim, demikian sumber-sumber oposisi yang dikutip kantor berita Anadolu, Jumat (27/9/2019) mengatakan.

TV Al-Sharq, yang disiarkan dari luar Mesir, menyiarkan video demonstrasi yang digelar di kota Qous di provinsi Qena selatan.

Stasiun TV itu melaporkan bahwa demonstrasi juga terjadi di provinsi lainnya, termasuk di Luxor, Aswan dan El Menia.

Saluran oposisi, Mekameleen TV, juga menyiarkan video demonstrasi yang mendesak Abdel-Fattah al-Sisi agar mundur dari kursi Presiden yang direbutnya secara ilegal dalam kudeta berdarah menggulingkan Presiden sah yang terpilih secara demokratis, Mohammad Mursi.

Empat pertemuan untuk mendukung al-Sisi diselenggarakan di Kairo, menurut harian online milik negara, Akhbar El Yom. Harian rezim tidak sah ini mengklaim bahwa ribuan orang hadir dalam pertemuan-pertemuan pro rezim ini.

Mesir dilanda protes anti-rezim menyusul tersebarnya video pernyataan Mohammad Ali, seorang pengusaha yang mengungkap praktik korupsi rezim berdara Al-Sisi. Ali, yang juga mantan kontraktor proyek militer mengungkap Sisi melakukan korupsi dan menghambur-hamburkan dana negara untuk membangun istana dan villa Presiden.

Video-video tersebut telah memicu serangkaian protes di media sosial. Akibatnya, kemarahan tumbuh di kalangan rakyat Mesir. (mus/salam)

Sumber: Anadolu

Baca Juga
awefawef95357
%d bloggers like this: