Akan Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Didesak Segera Mengundurkan Diri

Ketua MK Anwar Usman

SALAM-ONLINE.COM: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman didesak segera mengundurkan diri. Anwar Usman diminta mundur untuk menghindari konflik kepentingan terkait uji materi pelanggaran UU terhadap Undang Undang Dasar 1945.

Desakan itu disampaikan Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS) Antony Budiawan merespons rencana pernikahan Anwar Usman dengan adik kandung Presiden Joko Widodo bernama Idayati.

Anthony mengatakan, Anwar Usman perlu mundur karena saat ini masyarakat menggugat pemerintah.

“Untuk hindari konflik kepentingan dalam uji materi pelanggaran UU terhadap UUD, yang intinya adalah rakyat menggugat Pemerintah (di bawah Presiden Joko Widodo),” kata Anthony melalui laman Twitter pribadinya, Senin (21/3/2022).

Baca Juga

Dalam pandangan Anthony, jika MK nantinya memutuskan memenangkan pemerintah dalam gugatan uji materi tersebut, maka rakyat akan menganggap MK tidak objektif.

“Rakyat bisa beranggapan MK tidak objektif, karena mempunyai hubungan keluarga dengan Presiden, sehingga dapat mencoreng nama baik Presiden. Untuk itu, Ketua MK wajib mengundurkan diri,” pungkasnya.

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman telah menjadi duda pada Februari 2021 karena sang istri meninggal dunia. Sedangkan, Idayati juga ditinggal suaminya yang wafat pada September 2018. (rmol)

Baca Juga