SD Hidayatullah Mataram: Bekali Siswa dengan Keterampilan & Kreativitas

MATARAM (voa-islam.com) – Meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa adalah bekal yang tak kalah pentingnya di samping ilmu pendidikan formal.

Itulah yang dilakukan di SD Hidayatullah Pejeruk Ampenan kota Mataram. Selain menanamkan ilmu umum dan ilmu keislaman, para peserta didik juga dibekali dengan keterampilan untuk meningkatkan kreativitas yang bermanfaat. Keterampilan yang diajarkan itu dimulai dari hal-hal yang sederhana, misalnya merajut ketupat dalam berbagai model.

Menurut Ustadz Sholihin SPdI, guru bidang studi KTK dan Komputer, setiap kelas di SD Hidayatullah memiliki program unggulan keterampilan masing-masing. “Bekal keterampilan ini juga ditekankan agar siswa memiliki keterampilan yang memadai,” ujarnya kepada voa-islam.com di sela-sela aktivitas melatih keterampilan siswa. “Selama ini di beberapa sekolah dasar lainnya jarang menginisiasi hal-hal seperti ini. Padahal meskipun sederhana namun akan berdampak pada skill siswa,” tambahnya.

Sholihin mengakui, respon para siswa terhadap program studi ini sangat bagus. Mereka nampak antusias dalam setiap pelatihan keterampilan. “Kami akan terus membimbing dan mengembangkan keterampilan siswa,” jelas alumnus Institut Agama Islam Al-Aqidah Jakarta ini.

Baca Juga

Sholihin menambahkan, selama SD Hidayatullah membuka ruang publik yang luas bagi media dan sekolah lain untuk study tour guna pengembangan keterampilan dan kreativitas siswa.

Rencananya, untuk melayani meningkatnya kebutuhan umat, tahun pelajaran 2012-2013 mendatang SD Hidayatullah menambah dua ruang kelas baru. Selain itu, peningkatan kualitas pendidikan juga akan semakin memadai, karena dalam waktu dekat pihak sekolah akan mendapatkan bantuan sarana dan prasarana melalui Dikpora Kota Mataram. [Syamsul Hadi]

Baca Juga