Puluhan Ribu Warga Gaza Rayakan Kemenangan Mursi, Hamas Ucapkan Selamat

GAZA (salam-online.com): Puluhan ribu warga Palestina di Jalur Gaza turut merayakan kemenangan kandidat Ikhwanul Muslimin Dr Muhammad Mursi menjadi presiden terpilih Mesir, dengan harapan Mursi akan menolong Gaza.

Perayaan tersebut diwarnai oleh tembakan-tembakan peluru dari senjata otomatis ke udara. Sejumlah orang yang turut merayakan juga membagikan permen di sudut-sudut jalan, yang lainnya mengibarkan bendera Mesir.

Dahulu, diktator terguling Husni Laa Mubarak berkolaborasi dengan Israel dalam memblokade Gaza. Sekarang, rakyat Gaza amat berharap pada Mursi dan mereka mengatakan bahwa mereka optimis pemimpin Mesir baru itu akan memperbaiki kondisi wilayah Palestina.

“Hari ini adalah era baru bagi kami di Gaza. Hari-hari menderita karena otoritas Mesir (Husni Laa Mubarak –red) selesai,” kata Rawhi Talab (51), seorang warga Gaza pemilik toko makanan. “Ini adalah hari yang menggembirakan, saya menyuarakan harapan saya bahwa Mesir akan bekerja memperbaiki kehidupan kami di sini,” tambahnya.

PM Palestina dari Hamas Islamil Haniyeh memberikan ucapan selamat kepada Mursi melalui telepon atas kemenangan Mursi menjadi presiden. “Ini adalah sebuah kemenangan bagi seluruh dunia Arab dan Muslim, dan ini adalah janji Allah kepada orang-orang beriman,” katanya.

Demikian juga juru bicara Fawzi Barhoum dan para pemimpin Hamas lannya juga turut bergembira akan kemenangan Mursi. “Ini adalah sebuah kemenangan bagi Mesir dan revolusi kaum Arab,” kata Barhoum.

Baca Juga

Seorang penduduk Gaza, Alam Mansour (25) yang sedang membagi-bagikan permen kepada warga yang turun ke jalan mengatakan, “Hari ini  adalah festival untuk Gaza. Saya yakin Presiden Mesir  akan memimpin bangsa Islam ini menuju kemakmuran, dan dia akan membantu kami di sini di Gaza.”

Gaza memiliki perbatasan 15 kilometer (9 mil) dengan gurun Sinai Mesir dan satu-satunya perbatasan resmi sebagai penyeberangan kedua wilayah itu.

Warga Palestina kini tengah menanti janji-janji Mursi, dengan harapan pemimpin baru ini akan menerapkan Syariat Islam dan menolong saudara Muslim di wilayah tentangganya, Palestina. (arrahmah.com/salam-online.com)

 

Baca Juga