Aneh, Mesir Masih Cekal Mursi

KAIRO (salam-online.com): Sebuah media Mesir mengungkap, presiden baru Mesir Dr Muhammad Mursi namanya masih masuk dalam daftar orang yang dicekal. Hal itu terjadi sejak era presiden lengser Husni Mubarak yang saat itu mempersempit gerak Jamaah Ikhwanul Muslimin (IM).

Koran Al-Misriyun melansir, jumlah daftar orang yang diawasi dan dicekal di Mesir hingga bulan Maret lalu mencapai 21 ribu orang. Mereka rata-rata adalah tokoh penting, elit jamaah Ikhwanul Muslimin yang di masa Husni Mubarak mengalami pemberangusan hak bepergian dan selalu diawasi.

Kemendagri Mesir sendiri pernah melarang Prof Dr Muhammad Badi’, Mursyid Ikhwanul Muslimin saat pergi umrah tahun 2008.  Ketika itu Badi’ masih sebagai anggota Biro Irsyad. Juga terhadap mantan Mursyid Ikhwan, Mahdi Akif, yang pada saat itu menjadi Mursyid Aam IM.

Baca Juga

Anehnya, nama Dr Muhammad Mursi sampai saat ini masih masuk dalam daftar orang yang  dicekal melakukan perjalanan, padahal sudah terpilih menjadi presiden Mesir. Barangkali ini merupakan anomali yang tidak dikenal di negara lain selain Mesir yang memperlakukan presidennya seperti ini. (spiritislam/bsyr/salam-online)

 

Baca Juga