ICMI Desak Pemerintah Segera Lobi ASEAN Soal Muslim Rohingya

Ketua Presidium ICMI Prof Dr Nanat Fatah Natsir

JAKARTA (salam-online.com): Ketua Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Prof Dr Nanat Fatah Natsir mendesak pemerintah segera aktif melobi anggota ASEAN lainnya agar bersikap terkait kekerasan yang dialami Muslim Rohingya di Myanmar.

“Sesuai dengan amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, bangsa Indonesia harus aktif dan ikut menjaga pedamaian dan ketertiban dunia,” kata Nanat Fatah Natsir di Jakarta, Sabtu (28/7/2012).

Dia mengatakan Indonesia sebagai mantan ketua ASEAN pada tahun 2011 seharusnya tidak diam saja melihat intimidasi dan kekerasan yang dilakukan junta militer Myanmar terhadap Muslim Rohingya yang minoritas.

Baca Juga

Apalagi, Indonesia yang memiliki kebudayaan yang beragam selama ini mampu menjaga toleransi tanpa membeda-bedakan suku, agama dan bangsa. Menurut Nanat, Indonesia harus mampu menjadi contoh bagi Myanmar dan negara-negara lain di ASEAN.

“Indonesia melalui ASEAN harus turun tangan untuk mengupayakan pembicaraan diplomatik kepada junta militer Myanmar,” tegasnya. (antara)

Baca Juga