Suriah Tolak Visa Masuk Pekerja Kemanusiaan

JENEWA (salam-online.com): Seorang pejabat tinggi di PBB mengatakan, pemerintah Suriah menolak memberikan visa masuk bagi pekerja bantuan kemanusiaan dari sejumlah negara barat untuk melakukan operasi kemanusiaan di negeri yang sedang dilanda aksi represif dari rezim Assad tersebut.

Di depan para wartawan di kota Jenewa, pejabat PBB tersebut menambahkan, sejumlah permintaan visa masih menggantung di pemerintah Suriah. Visa itu milik para pekerja kemanusiaan dari Amerika, Kanada, Prancis, Inggris, namun Suriah menolak memberikan izin karena alasan kewarganegaraan.

Ia mengisyaratkan, PBB berusaha mengatasi masalah ini karena kebutuhan mendesak dari warga untuk meluaskan operasi kemanusiaan di Suriah.

Baca Juga

Sebuah studi yang dilakukan sejumlah lembaga milik PBB menemukan bahwa hasil pertanian gandum di Suriah menurun selama tahun ini hingga lebih dari 3 juta ton dibanding tahun lalu. Kini hanya berada di 2,3 juta ton saja.

PBB sendiri sebelumnya mendorong Damaskus lebih dari satu kesempatan untuk menerima syarat dari organisasi internasional agar memberikan keleluasaan operasi pembagian bahan bantuan kemanusiaan di dalam negeri Suriah. Namun negosiasi antara biro Kemanusiaan PBB dan pemerintah Suriah selalu buntu karena tarik ulur kepentingan dalam operasi ini. (atb/spiritislam.net/salam-online.com)

 

Baca Juga