Tentara Loyalis Assad Tembaki Warga Sipil Suriah yang Menyelamatkan Diri ke Yordania

YORDANIA  (salam-online.com): Kelompok HAM internasional (HRW) telah mendesak otoritas Suriah, Rabu pekan lalu, untuk mengakhiri penembakan secara sembarang  (brutal, red ) terhadap warga sipil Suriah yang melarikan diri ke Yordania untuk menyelamatkan hidup mereka.

“Tentara Suriah di perbatasan Yordania nampak menembaki secara sembarang setiap orang termasuk warga sipil wanita dan anak-anak- yang berusaha melarikan diri dari Suriah,” kata HRW yang berbasis di AS dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sunni News, (28/6/2012).

Menurut laporan, ada sekitar 120.000 warga Suriah di Yordania,  dimana 20.000 dari mereka terdaftar di PBB.

Sementara di tempat lain sekitar 38.000 pengungsi Suriah berada di Turki, 22.000 di Libanon dan 3.129  di Irak, berdasarkan laporan para pejabat dari badan pengungsi PBB di negara-negara tersebut.

Baca Juga

Kekerasan di Suriah masih berlanjut dan semakin parah. Belum ada pihak yang dapat menghentikan itu. Rumor mengatakan bahwa Amerika Serikat dan Israel memiliki misi di Suriah sementara Assad dipertahankan oleh Rusia dan China serta Iran. Terlepas dari misi kedua kubu itu, adalah warga Muslim sipil Suriah yang menjadi tumbal dan korbannya. Lebih dari 15.800 orang telah terbunuh, menurut statistik pengamat beberapa waktu lalu, sejak revolusi meletus di Suriah sekitar 15 bulan lalu.

Tentara Suriah yang membelot telah menyatakan bahwa pada dasarnya yang terjadi di Suriah bukanlah perang melainkan pembantaian Muslim sipil Suriah. (arrahmah.com/salam-online.com)

 

Baca Juga