Dewan Da’wah Kota Bandung Mengutuk Genosida Muslim Rohingya

Setelah mengamati berita dan perkembangan kondisi kaum Muslimin Rohingya yang sangat menyedihkan di Myanmar, Dewan Da’wah Islamiyyah Indonesia Kota Bandung menyatakan keprihatinan yang mendalam.

Atas beberapa fakta yang telah kami terima maka kami mengutuk dengan keras terhadap pembantaian minoritas Muslim di Myanmar. Kekerasan yang sudah mengarah kepada tindakan genosida ini harus segera dihentikan.

Dewan Da’wah Kota Bandung menyatakan bahwa tragedi pembantaian ini menjadi bukti hipokritnya Negara-negara Barat dan seluruh sekutunya yang menerapkan standar ganda serta diskriminatif terhadap pelanggaran HAM yang dilakukan oleh kelompok non Muslim. “Jika satu nyawa dari golongan mereka melayang maka mereka berteriak sekeras-kerasnya. Tetapi manakala kaum Muslimin yang ditindas, dizalimi dan dibantai mereka diam seribu bahasa.”

Sehubungan dengan terus berlanjutnya penderitaan warga Muslim Rohingya yang hidup dalam ketakutan, kelaparan dan penderitaan serta ada kecenderungan para aktivis HAM melakukan pembiaran terhadap tragedi kemanusiaan ini, maka Dewan Da’wah Kota Bandung menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Mengutuk dengan keras segala tindakan kekerasan yang dilakukan oleh gerombolan pengacau  atas provokasi oknum biarawan dan Biksu Budhis Myanmar.
  2. Mendesak Pemerintah Indonesia agar proaktif mendesak pemerintah Myanmar untuk menghentikan pembantaian tersebut.
  3. Meminta pemerintah Indonesia agar memberikan suaka politik dan menampung warga Muslim Rohingya sampai situasi benar-benar memungkinkan mereka kembali ke tanah airnya.
  4. Meminta Negara Myanmar agar menghormati Hak Asasi Manusia (HAM) warga Negara Muslim minoritas, sebagaimana kami kaum Muslimin menghargai HAM warga pemeluk Budha di Indonesia.
  5. Mendesak kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa agar mencabut hadiah nobel perdamaian yang diberikan kepada Aung San Suu Kyi karena hingga detik ini suaranya nyaris tidak terdengar dan Suu Kyi diam seribu bahasa atas tragedi berdarah yang menimpa saudara Muslim kita di Myanmar. Berdiam diri atas kasus ini berarti dia turut mengamini pembantaian tersebut.
  6. Menghimbau dan mendesak kepada Negara-negara Islam yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) agar segera menekan Persatuan Bangsa-Bangsa untuk menjatuhkan sanksi yang berat kepada Myanmar dan membentuk Tim Pencari Fakta untuk mengusut dengan tuntas serta mengadili para pelaku genosida di pengadilan internasional.
  7. Mengajak kepada seluruh umat Islam di tanah air yang sedang menjalankan ibadah Shaum untuk melakukan qunut nazilah yang berisi munajat untuk memohon pertolongan bagi kaum Muslimin Rohingya dan memohon kehancuran bagi kaum kuffar yang melakukan pembantaian secara biadab dan tidak berperikemanusiaan. Dihimbau juga agar kaum Muslimin mengumpulkan bantuan untuk disalurkan kepada warga Muslim Rohingya.
  8. Dewan Da’wah Kota Bandung membuka posko penampungan bantuan bagi korban pembantaian Muslim Rohingya di Jalan Pungkur No. 151 Bandung, Telp (022) 4235406. Cp. 081320627610 (Muchsin al-Fikri) atau 081910102915 (Nono)

Demikian pernyataan ini kami sampaikan, semoga Alloh senantiasa membantu hambanya yang tertindas.

Baca Juga

                                                      “Robbi inni maghluubun fantasir…”

 

Bandung, 1 Agustus 2012

 Dewan Da’wah Islamiyyah Indonesia

Kota Bandung

                               Ketua: Muchsin al-Fikri, S.Sos   –    Sekretaris: Nono Mulyana, ST

Baca Juga