Muslimah Rohingya Beberkan Kekejaman Militer Myanmar

Warga Muslim Rohingya berusaha melarikan diri dari Myanmar

YANGOON (SALAM-ONLINE): Zohara Khatun masih ingat bagaimana ayahnya dibunuh pasukan militer Myanmar pada Juni lalu. Wanita itu bersama keluarganya yang tersisa kini bersembunyi di Bangladesh.

“Ayah saya ditembak mati oleh militer Burma di depan saya. Seluruh desa kami dihancurkan. Kami lari menyelamatkan diri. Saya belum tahu apa yang terjadi pada ibu saya,” ujar Khatun kepada BBC.

Khatun merupakan salah satu warga Muslim Rohingya yang berhasil menyeberang ke Bangladesh menyusul kekerasan sektarian yang terjadi di Provinsi Rakhine, Myanmar barat pada Juni lalu.

Dikatakan Khatun, desa mereka diserang polisi dan militer Myanmar saat terjadi bentrokan antara warga mayoritas Buddha dan warga minoritas Muslim Rohingya.

Baca Juga
(BBC)

Saat itu hampir 80 orang dilaporkan tewas dan banyak orang kehilangan tempat tinggal karena rumah-rumah mereka dibakar. Seorang saksi mata mengungkapkan bagaimana polisi Myanmar menembaki Muslim Rohingya saat terjadi bentrokan dengan massa Buddha.

“Suami saya tewas dalam kerusuhan itu. Polisi Burma hanya menembaki Muslim saja, bukan warga Buddha. Militer cuma menyaksikan dari atas atap-atap rumah dan mereka tidak mengintervensi,” cetus Sayeda Begum, seorang wanita Rohingya.

Menurut kelompok-kelompok HAM, hingga saat ini, pasukan militer Myanmar masih terus melakukan kekerasan dan penangkapan massal terhadap warga (Muslim) Rohingya. Akibatnya, puluhan ribu warga Rohingya kabur ke negara-negara lain, khususnya Bangladesh. Namun di Bangladesh pun mereka ditolak karena jumlah mereka sudah terlalu banyak di negeri itu. (Salam-Online)

Baca Juga