Lagi, Tayangan TV Lecehkan Islam, Sebenarnya Apa Maunya!

Televisi-jpeg.imageJAKARTA (SALAM-ONLINE): Meski di republik ini mayoritas penduduknya Muslim, tapi dalam hal menghina dan melecehkan Islam, bukan cerita baru lagi.

Tak henti-hentinya, tayangan televisi hina dan lecehkan Islam. Ini untuk kesekian kalinya. Kali ini aktris yang bernama Gracia Indri, dalam program acara “Suka-suka Nizam” yang ditayangkan stasiun televisi ANTV, 31 Desember 2012, telah melecehkan Islam.

Gracia, sebagai aktris tamu dalam acara yang dibawakan aktris cilik Nizam itu, telah mengucapkan sejumlah pernyataan yang menyinggung umat Islam.

Saat Nizam bertanya makanan yang diberikan Gracia halal atau tidak, dengan bercanda Gracia menjawab: “Seratus persen halal karena mengandung babi.” Jelas, ini sesutau yang tak bisa dibecandakan.

Terkait tayangan itu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah memberikan teguran tertulis kepada menejemen televisi milik Aburizal Bakrie itu.

Teguran tertulis tertanggal 10 Januari 2013 itu memuat empat point pelanggaran terhadap P3 Pasal 9, Pasal 14 ayat (2), dan Pasal 21 ayat (1) serta SPS Pasal 9, Pasal 15 ayat (1), dan Pasal 36 ayat (1) dan ayat (4) dan huruf g.

Menurut KPI, program acara ANTV “Suka-suka Nizam” episode Bintang Tamu Gracia Indri, telah menampilkan beberapa perbincangan yang tidak pantas dilakukan di depan anak-anak dan terhadap anak serta materi pada program yang tidak memperhatikan perlindungan dan pemberdayaan terhadap  anak.

Selain itu, tentu saja, lebih dari itu, tayangan yang hobi melecehkan Islam. Tak hanya kali ini, tapi sudah berkali-kai. Sebenarnya apa maunya lewat dialog yang melecehkan Islam tersebut?

Berikut adegan/tayangan dimaksud yang tidak pantas untuk anak-anak dan pelecehan tersebut:

Baca Juga

1. Nizam bertanya-tanya soal pacar Gracia dan Nizam mempertanyakan mengapa Gracia tidak kawin-kawin. Gracia bertanya kepada Nizam, “Kawin itu apa sih? “Nizam menjawab, “Nikah.” Gracia lantas berkata, “Nikah dan kawin beda.” Belakangan Nizam bertanya kepada Gracia kenapa ia putus pacaran. Dalam penjelasannya Gracia mengatakan bahwa ia hampir bunuh diri.

2. Saat Nizam menutup muka Gracia dengan bantal dan menahan tubuh Gracia, Gracia berkata kepada Nizam, “Lu kayak mau perkosa gua nih ah…”

3. Saat Nizam muntah-muntah karena diberi duren, Gisel (adik Gracia) bertanya, “telat berapa bulan tuh…?

4. Saat Nizam diberikan makanan dan Nizam bertanya apakah makanan tersebut halal, Gracia menjawab, “Seratus persen halal karena mengandung babi.”

Selain itu, menurut KPI, pelanggaran yang dilakukan adalah program tidak konsisten dalam mencantumkan tanda klasifikasi. Pada bagian awal program menampilkan klasifikasi A-BO dan kemudian di pertengahan berubah menjadi klasifikasi R-BO.

Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan kepada anak dan remaja, dan penggolongan program siaran.

Juga, tentu saja, pelecehan terhadap keyakinan (Islam) yang jika dituntut bisa membawa pihak-pihak yang terlibat ke ranah hukum. (salam-online). Sumber: itoday

Baca Juga