Dikabarkan Ditangkap, Mursyid ‘Aam Ikhwan Muncul dalam Demo di Kairo

Mohammed Badie
Dr Muhammad Badi’

KAIRO (SALAM-ONLINE): Mursyid ‘Aam Ikhwanul Muslimin Prof Dr Mohammad Badi’ muncul dan memberikan orasi dalam aksi puluhan juta massa pro Mursi di Rabaa, Kairo, Mesir, Jumat (5/7/2013).

Badi’ sebelumnya diberitakan ditangkap oleh militer di daerah Marsa Matrouh, kota pinggiran dekat perbatasan Libya.

Dalam orasinya seperti dilansir alahram, Badi’ mengatakan kumpulan jutaan orang di Rabaa mencerminkan kekuatan Mesir dari faksi yang berbeda. “Allah lebih besar dari semua yang mengorbankan dirinya untuk revolusi, Allah saksi kami,” ungkap Badi’ yang disambut takbir dari puluhan juta massa.

Badi’ juga mengungkapnya dirinya bangga dengan Mursi dan melihat tindakan militer inskonstitusional. “Mursi adalah presiden saya dan semua orang Mesir,” ungkapnya.Massa pendukung Muhammad Mursi berkumpul di Kota Nasr untuk memprotes pelengseran presiden dalam sebuah kudeta militer.

Sementara itu, ba’da Shalat Jumat, massa pendukung Mursi berkumpul menanggapi permintaan koalisi kelompok-kelompok Islam yang dipimpin Ikhwanul Muslimin untuk demonstrasi menentang kudeta.

Baca Juga

Permintaan tersebut dilihat sebagai tes apakah Mursi masih memiliki basis dukungan di dalam negeri dan bagaimana militer menanggapinya.

Mursi, presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis dikudeta militer setelah protes massa. Pendukung mantan presiden marah dan mengecam intervensi militer tersebut.

“Orang di sini mengatakan tidak lagi hanya sebuah protes pro-Mursi, ini adalah tentang melawan kudeta militer,” ujar laporan Al-Jazeera. (ROL)

salam-online

Baca Juga