Ini Sikap dan Rekomendasi JITU Terkait Pemberitaan tentang ISIS

JITU-logo-jpeg.imageSALAM-ONLINE: Sehubungan dengan maraknya pemberitaan tentang ISIS, Dewan Syura dan Pengurus Eksekutif Jurnalis Islam Bersatu (JITU) merekomendasikan kepada segenap anggotanya yang tertuang dalam sikap organisasi wartawan Muslim ini. Berikut sikap sekaligus rekomendasi JITU:

بسم الله الرحمن الرحيم

1. Tegaknya khilafah ‘alaa minhajin Nubuwwah dan syariat Islam adalah cita-cita umat Islam. Kerena itu, JITU merekomendasikan kepada setiap anggotanya untuk selalu memberitakan hal tersebut agar tidak kabur dan hilang dengan adanya isu ISIS ini.

2. Terkait simbol Islam yang berpotensi untuk dilecehkan atas merebaknya isu ISIS ini, JITU merekomendasikan kepada setiap anggotanya agar berhati-hati dalam pemberitaannya, sehingga tidak disalahpahami pembaca. Simbol-simbol tersebut misalnya bendera dan logo yang pernah digunakan Rasulullaah صلي الله عليه وسلم

3. Merekomendasikan kepada seluruh anggota JITU untuk mewaspadai agenda yang sedang diusung musuh-musuh Islam dengan membonceng isu ISIS. Karena itu, dalam pemberitaannya anggota JITU harus cermat dalam memilih nara sumber.

4. Merekomendasikan kepada seluruh anggota JITU untuk terus memberitakan penderitaan rakyat Suriah atas kebiadaban rezim Syiah Nushairiyah pimpinan Basyar Asad. Jangan sampai isu ISIS ini menutupi pemberitaan perjuangan dan penderitaan rakyat Suriah.

Baca Juga

Jakarta, 11 Syawal 1435 H/7 Agustus 2014

TTD

Surya Fachrizal (Ketua)

M. Pizaro (Sekjen)

Baca Juga