Kapolres Tolikara: ‘GIDI Abaikan Perizinan Seminar Internasional ke Mabes Polri’

pertemuan Polres dengan GIDI copy
Pertemuan Polres Tolikara dengan GIDI

TOLIKARA (SALAM-ONLINE): Kapolres AKBP Suroso, SH mengatakan bahwa terkait dengan perizinan keramaian sejak perencanaan sampai saat pelaksanaan kegiatan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dan Seminar Internasional yang diselenggarakan Gereja Injili di Indonesia (GIDI) Tolikara, itu tidak ada.

“KKR itu kan ada orang asing, aturannya harus izin ke Intelkam Mabes Polri dan bukan kewenangan kami ataupun Polda Papua,” kata AKBP Suroso.

Jadi, AKBP Suroso menegaskan, kalau menyangkut izin keramaian yang melibatkan orang asing harus izin dari Intelkam Mabes Polri.

“Tetapi kenyataannya, faktanya itu tidak dijalankan sama pihak gereja GIDI,” ujar AKBP Suroso.

Baca Juga

Maka dari itu, AKBP Suroso menuturkan, bahwa ia juga sempat memanggil wakil ketua panitia penyelenggara Yaqub Jikwa, untuk menanyakan mengapa surat izin belum juga dibuat karena itu persyaratan yang harus dipenuhi.

“Itu diabaikan sama mereka. Katanya sudah diurus sama panitia provinsi, lalu saya cek ke Intelkam Mabespolri tetapi ternyata juga belum ada perizinan,” ungkap AKBP Suroso.

AKBP Suroso memaparkan, aturan main izin seminar internasional harus melalui Intelkam Mabes Polri terlebih dahulu, baru kemudian turun ke Polda Papua lalu ke Polres Tolikara. Namun, sekali lagi, hal itu tak ditaati oleh GIDI. [Laporan Achmad Fazeri/JITU]

Baca Juga