Observatorium Suriah Rilis Korban Jiwa Serangan Rusia Lebih dari 2.000 Orang

9_30SALAM-ONLINE: Koresponden EldorarShamia dan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) Selasa (22/12) merilis jumlah korban yang gugur akibat serangan udara dan darat yang dilakukan oleh Rusia dan rezim Asad.

Menurut data EldorarShamia, jumlah korban sipil yang meninggal mencapai angka 1.399 orang, termasuk wanita dan anak-anak di antaranya. Jumlah ini terhitung sejak intervensi militer Rusia ke Suriah pada akhir September lalu.

EldorarShamia melansir jumlah korban di berbagai kota antara lain Damaskus sebanyak 580 jiwa, Provinsi Aleppo (372), Provinsi Idlib (210), Homs (83), Daraa (57), Provinsi Raqqa (27), Provinsi Deir ez-Zour (16), Provinsi Hama (18) dan Provinsi Lattakia (36).

Jaringan media EldorarShamia juga merilis jumlah korban serangan yang dilancarkan Rusia terhadap para pejuang dari berbagai faksi sebanyak 78 jiwa.

Kebanyakan para pejuang dari beberapa faksi yang gugur terjadi saat mereka menyerang wilayah yang dikuasai oleh rezim Asad. Berdasarkan laporan yang diterima koresponden EldorarShamia, tidak ditemukan korban tewas dari kelompok ISIS.

Sementara itu, SOHR pada Selasa (22/12) malam merilis laporan serangan udara yang dilakukan Rusia dan rezim Asad. SOHR mencatat, sejak memulai intervensi militernya di Suriah akhir September lalu, serangan Rusia telah menewaskan 2.132 orang.

Baca Juga

SOHR mendokumentasikan, serangan yang dilancarkan Rusia dan rezim Asad menelan korban jiwa sebanyak 598 orang dari kelompok ISIS. Tapi, jumlah korban ISIS ini hanya 5% saja dari serangan udara yang dilakukan Rusia terhadap kota-kota yang sebagian besar menargetkan warga sipil. Juga, jumlah korban ISIS itu masih lebih kecil dibanding kelompok yang berafiliasi kepada Al-Qaidah sekitar 824 jiwa.

Dengan demikian porsi terbesar dari korban serangan Rusia di Suriah ditempati warga sipil dan kelompok yang berafiliasi kepada Al-Qaidah, Jabhah Nushrah.

Pada bulan lalu, serangan udara Rusia dan rezim Asad telah menargetkan rumah sakit di wilayah Idlib. Akibat serangan tersebut telah jatuh korban jiwa sebanyak 12 orang dan lainnya mengalami luka-luka parah.

Jumlah korban yang dirilis ElDorar merujuk pada Komite Koordinasi Lokal, Pusat Pertahanan Sipil, Pusat Statistik dan sumber-sumber militer. (EZ/salam-online)

Sumber: Eldorar

Baca Juga