Diblokade Pasukan Asad dan Milisi ‘Hizbullah’, Warga Madaya di Suriah Kelaparan, Ini Link Videonya

untitled_11MADAYA (SALAM-ONLINE): Blokade dan serangan tanpa henti yang dilakukan milisi pendukung rezim Basyar Asad bersama Rusia mengakibatkan banyak warga sipil Suriah kekurangan gizi dan kelaparan.

Abu Abdul Rahman, salah seorang warga Madaya yang tinggal sekitar 25 km dari laut Damaskus termasuk yang mengalami gizi buruk. Ia tidak dapat mengakses makanan selama empat hari setelah pasukan milisi Asad mengepung dan melakukan blokade di Kota Madaya.

Madaya, kota di utara Provinsi Damaskus, telah dikepung oleh teroris rezim Syiah Suriah dan teroris “Hizbullata” selama lebih dari 170 hari. Banyak warga Madaya yang meninggal kelaparan.

“Tidak ada lagi kucing atau anjing yang hidup di kota ini. Bahkan pohon dan dedaunan yang selama ini telah kami makan pun telah menjadi langka,” kata salah seorang warga kepada Al Jazeera.

Koresponden Al Jazeera pada Kamis (7/1) melaporkan bahwa berdasarkan hasil laporan dokter setempat terdapat 1-2 orang warga Madaya wafat setiap hari. Untuk itu, warga Madaya berharap bantuan agar blokade ini dibuka. Dunia internasional harus segera bertindak untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan segera menyelamatkan warga Suriah di kota itu. Penderitaan mereka sangatlah berat dan dalam, ini tanggung jawab dunia internasional.

Berikut video dari Al Jazeera yang memperlihatkan situasi memburuk di Madaya akibat pengepungan teroris rezim Suriah dan teroris “Hizbullata” Lebanon.

Aktivis lokal mengatakan sekitar 40.000 orang di Madaya mengalami kesulitan untuk mengakses makanan dan obat-obatan.

Menghindari kelaparan yang dihadapi masyarakat Madaya, kata Dr. Khaled Mohammed, Profesional medis di Madaya, warga Madaya harus memakan rumput untuk tetap hidup.

Baca Juga

“Kami tidak bisa memberikan ASI untuk bayi. Banyak anak-anak usia 10 tahun meninggal karena kekurangan gizi,” ungkap Dr. Khaled Mohammed.

Untuk diketahui, bagi warga Suriah yang dikepung selama berbulan-bulan oleh teroris rezim Suriah, sudah berlaku hukum “boleh” memakan kucing dan anjing. Demikian faktwa yang dikeluarkan Ulama setempat.

Berikut video dari Al Jazeera yang memperlihatkan situasi memburuk di Madaya akibat pengepungan teroris rezim Suriah dan teroris “Hizbullata” Lebanon. Klik link videonya di bawah ini:

http://www.aljazeera.com/news/2016/01/syrian-government-aid-enter-starving-town-160107145500227.html

(EZ/salam-online)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga