Pemerintah Kanada Targetkan Terima 25.000 Pengungsi Suriah Februari Tahun Ini

5000OTTAWA (SALAM-ONLINE): Pemerintah Kanada mengatakan bahwa pihaknya telah menerima lebih dari 6.000 pengungsi dari Suriah pada akhir 2015. Perdana Menteri baru Kanada Justin Trudeau menyatakan bahwa hal itu tidak sesuai target yang ingin dicapainya.

“Kami bersumpah menargetkan akan menerima pengungsi 10.000 jiwa pada bulan depan, namun hal tersebut baru dicapai lebih sedikit, sekitar 6.000 jiwa,” katanya seperti dikutip Worldbulletin, Jum’at (1/1/2016).

Pemerintahan liberalnya mendorong untuk hanya menargetkan 6.000 pengungsi saja hingga Februari mendatang. Hal itu diambil karena kekhawatiran pemerintahan liberal tersebut atas keamanan paska peristiwa Paris November lalu.

Sementara Pemerintah Kanada hanya menerima 10.000 pengungsi Suriah pada akhir tahun ini. Pada Kamis (31/12/2015) kemarin para pengungsi yang tiba di Kanada dengan menggunakan pesawat berjumlah sekitar 800 pengungsi, total mencapai hingga 6.000 jiwa.

“Saya yakin bahwa 10.000 pengungsi akan mendarat dalam dua minggu pada pertengahan Januari dan 25.000 jiwa akan tiba di Kanada pada akhir Februari,” kata Menteri Imigrasi John McCallum kepada wartawan.

Menteri Kesehatan Jane Philpott mencatat bahwa pemerintah sudah mengambil tindakan yang berani dengan menerima ribuan jiwa pengungsi Suriah.

Baca Juga

“Kami sudah menetapkan perhitungannya dengan tindakan yang sangat berani,” ujar Jane.

Sebelumnya pada Desember lalu, Perdana Menteri Trudeau secara pribadi menyambut pengungsi Suriah pertama yang tiba di bandara Toronto dengan menggunakan pesawat militer.

Badan pengungsi PBB memperkirakan bahwa lebih dari empat juta warga Suriah telah melarikan diri dari perang yang sedang terjadi di Suriah. Sementara data PBB November lalu menyebutkan lebih 400 ribu jiwa terbunuh. (EZ/salam-online)

Sumber: Worldbulletin

Baca Juga