Presiden Erdogan Ingin Bangun Sebuah Kota di Suriah Utara Perbatasan Turki untuk Tampung Pengungsi

Cumhurbaşkanı Recep Tayyip Erdoğan, Yeşilay Haftası dolayısıyla Cemal Reşit Rey Konser Salonu'nda düzenlenen Yeşilay Zümrüdüanka Ödül Töreni'ne katılarak konuşma yaptı. ( Cumhurbaşkanlığı / Yasin Bülbül - Anadolu Ajansı )
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan rencana untuk membangun sebuah kota di utara Suriah untuk menampung pengungsi yang melarikan diri dari negara mereka yang dilanda perang.

Dalam pidatonya pada upacara penghargaan di Istanbul, Jumat (4/3), sebagaimana dilansir Daily Sabah, Erdogan menyerukan masyarakat internasional untuk bergabung memberikan dukungan kepada para pengungsi Suriah.

Erdogan mengusulkan untuk membangun sebuah kota dengan luas sekitar 4.500 kilometer persegi di Suriah utara sebagai tempat penampungan bagi pengungsi Suriah dengan bantuan komunitas internasional.

Ia mengatakan Turki dan negara-negara lain bisa bekerja sama dalam pembangunan kota tersebut.

Baca Juga

Presiden Erdogan mengatakan ia sudah membahas rencananya dan telah pula berkoordinasi terkait hal tersebut. Namun belum ada langkah-langkah yang diambil oleh dunia internasional mengenai masalah ini.

Suriah terjebak dalam perang brutal sejak Maret 2011, ketika rezim Basyar Asad menumpas demonstran dengan kebiadaban tak terduga. Sejak itu hingga saat ini, lebih dari 400.000 korban jiwa dan lebih 10 juta warga Suriah menjadi pengungsi, demikian rilis PBB pada November 2015 lalu. (EZ/salam-online)

Sumber: Daily Sabah

Baca Juga