Milisi PYD Dukungan Rusia Mau Bentuk Pemerintahan Federal di Suriah

PYD Suriah dukungan RusiaSALAM-ONLINE: Tim aktivis dari ElDorar AlShamia melaporkan bahwa ada upaya yang signifikan dilakukan oleh pejabat dari Partai Uni Demokrat (PYD) berhaluan komunis dukungan Rusia untuk meyakinkan seluruh etnis Kurdi menerapkan sistem federal di wilayah Kurdi “Ain al-Arab dan Afrin”. Rencana ini bertepatan dengan dimulainya tahun baru untuk Kurdi, pada 21 Maret, di Suriah.

Laporan ini datang bertepatan dengan pernyataan Kepala milisi Partai Uni Demokrat, Saleh Muslim, yang menegaskan bahwa ada diskusi tentang rencana pengadopsian sistem federal di Suriah. Ia menyebut federalisme adalah satu-satunya solusi untuk Suriah saat ini.

Reuters, mengutip pernyataan seorang pejabat di PYD, Rabu (16/3), melaporkan bahwa pengumuman sistem federal di Suriah akan segera dirilis. Pejabat yang tidak disebutkan namanya di milisi tersebut menegaskan bahwa pengumuman sistem federal di daerah yang dikendalikan oleh PYD berlangsung pada Rabu 16 Maret 2016.

Sementara Utusan Khusus PBB di Suriah, Staffan de Mistura, menegaskan bahwa sistem federal di Suriah akan dibahas dalam pertemuan damai mendatang di Jenewa.

Baca Juga

Argumen ini datang setelah dua tahun dari implementasi pihak Kurdi terhadap apa yang mereka sebut sebagai “manajemen diri” di daerah yang berada di bawah kendali mereka pada masing-masing wilayah: Ain al-Arab, Afrin, al-Hasakah dan al-Qamishli. (EZ/salam-online)

Sumber: Eldorar

Baca Juga