Raja Salman Perintahkan Kirim Makanan dan Bantuan Medis untuk Warga Suriah

A general view the Syrian city of Homs, Syria December 8, 2015. Humanitarian aid has reached a besieged rebel-held area in the central Syrian city of Homs, part of a local ceasefire deal that is to include the withdrawal of opposition fighters, the Syrian Observatory for Human Rights said. REUTERS/Omar Sanadiki - RTX1XQ2URIYADH (SALAM-ONLINE): Arab Saudi akan menyediakan makanan dan bantuan medis untuk daerah yang paling membutuhkan bantuan dan paling berdampak akibat perang di Suriah. Untuk itu Saudi bekerjasama dengan Federasi Internasional Palang Merah (IFRC) dan Bulan Sabit Merah.

Kesepakatan ini ditandatangani pada Sabtu (5/3) oleh Dr. Abdullah bin Abdulaziz Al-Rabeeah, pengawas umum dari Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman dan penasihat di Royal Court, serta Elhadj Amadou Sy, Sekretaris Jenderal IFRC dan Bulan Sabit Merah.

Perjanjian tersebut disepakati sesuai dengan arahan dari Raja Salman untuk memberikan bantuan ke Suriah yang mengalami kehancuran paling parah akibat perang.

Arab Saudi memberikan dukungan kepada warga Suriah dengan menyediakan akomodasi dan memungkinkan warga dari negara yang tengah dilanda konflik yang tinggal di Saudi untuk membawa keluarga dan kerabat mereka ke negara penjaga dua tanah suci itu.

Sebanyak 343.150 warga Suriah telah terdaftar pada pendidikan umum dan universitas di Saudi dan bebas biaya. Selain itu, layanan kesehatan gratis disediakan untuk warga Suriah di semua rumah sakit pemerintah di Saudi. Mereka juga mendapatkan izin untuk memulai bisnis.

Lebih dari 2 juta warga Suriah telah memperoleh manfaat dari bantuan Saudi sejak awal krisis Suriah.

Baca Juga

Kerajaan Saudi telah memegang komitmen untuk mendukung pengungsi Suriah dengan menyediakan US$100 juta, kemudian menaikkan bantuannya sehingga total US$780 juta sejak 2011.

Syrian refugees receive aid packages at Al Zaatari refugee camp in the Jordanian city of Mafraq, near the border with Syria, January 20, 2016. REUTERS/ Muhammad Hamed - RTX237VR

Bantuan disampaikan kepada para pengungsi Suriah melalui Kampanye Nasional Saudi di bawah pengawasan langsung Putra Mahkota Mohammed bin Naif. (EZ/salam-online)

Sumber: Al Arabiya

Baca Juga