Pound Suriah Makin Terpuruk, Kantor Penukaran Uang di Latakia Hentikan Penjualan Dolar

PoundXSuriahXjatuhXterhadapXdolarLATAKIA (SALAM-ONLINE): Kantor penukaran mata uang di Latakia, Suriah, menghentikan penjualan dolar karena adanya penurunan besar dalam nilai Pound Suriah. Satu dolar menyamai 580 pounds Suriah pada Kamis (5/5) dan melampaui 600 pada Jumat (6/5).

Mutaniuos, pemilik perusahaan pertukaran uang mengatakan para penukar uang berhenti membeli dolar karena membuat penurunan sebagian besar nilai Pound Suriah.

“Penukar uang di Latakia hanya akan menukarkan uangnya ke dolar ketika nilai tukar stabil,” ujarnya seperti dikutip Zaman al Wasl, Sabtu (7/5).

Mutanious menambahkan Bank Sentral tidak menjual dolar pada Kamis lalu, namun ratusan ribu dolar dijual untuk perwira militer, preman dan pedagang yang berafiliasi pada rezim dengan harga resmi setiap dolarnya 540 Pounds Suriah.

Baca Juga

Pada gilirannya, mereka menjualnya di pasar gelap dengan harga di atas 600 Pounds perdolar, sehingga mereka memperoleh keuntungan yang besar dalam waktu singkat.

Konflik dan perang berkepanjangan di Suriah menyebabkan Pound Suriah kehilangan 30% dari nilainya jika dihadapkan dengan dolar Amerika. (s)

Sumber: Zaman al Wasl

Baca Juga