Bersama Sinergi Foundation, IHR Jalin Kerja Sama dengan IHH Turki Bantu Pengungsi Suriah

Jumpa Pers IHR bersama Sinergi Foundation-1
Jumpa Pers Indonesian Humanitarian Relief (IHR) bersama Sinergi Foundation, Jumat (24/6) di Jakarta. (Foto: dokumentasi salam-online)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Di bulan Ramadhan ini, krisis kemanusiaan di Suriah makin terus memburuk. Berdasarkan laporan sejumlah lembaga internasional, blokade secara sistematik oleh rezim Basyar Asad yang didukung Rusia dan Iran serta milisi-milisi setianya terhadap warga sipil Suriah, telah menciptakan kantong-kantong kelaparan yang kian parah.

Luka warga Suriah semakin menganga dengan invasi militer negara sekutu rezim di wilayah Aleppo, Idlib, Homs, Ghouta, Latakia, dan sejumlah daerah lainnya.

Hal ini menciptakan gelombang eksodus warga Suriah yang kian besar menuju Turki yang berbatasan langsung dengan negara yang tengah dilanda perang sejak Maret 2011 itu.

Merespon situasi ini sejumlah aktivis kemanusiaan membentuk lembaga kemanusiaan berskala internasional dengan nama Indonesian Humanitarian Relief (IHR).

Pada Ramadhan ini IHR yang bermitra dengan Sinergi Foundation akan menyalurkan bantuan Ramadhan 1437 H, berupa untuk ifthar dan sahur serta bingkisan Idul Fitri bagi saudara-saudara Muslim di pengungsian, baik di kamp pengungsi yang berada di dalam Suriah sendiri maupun di wilayah perbatasan Turki-Suriah.

Untuk mengemban misi ini, IHR bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan terbesar di Turki, yakni IHH Insani Yardim Vakfi yang juga bersinergi dengan PBB.

Pada Sabtu, 20 Ramadhan 1437 H bertepatan dengan 25 Juni 2015 M, IHR mengirim timnya ke Istanbul, Turki, untuk menyalurkan bantuan paket Ramadhan dan Idul Fitri tersebut melalui IHH.

“Kami berusaha menjadi duta Indonesia di bidang kemanusiaan, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional. Ramadhan ini kami insya Allah memberangkatkan satu tim bekerjasama dengan Sinergi Foundation dan beberapa lembaga lainnya untuk pengungsi Suriah yang saat ini berada dalam kondisi yang menyakitkan,” kata Ketua IHR Ustadz Bachtiar Nasir dalam jumpa pers yang digelar Jumat (24/6) kemarin di Jakarta.

Baca Juga

Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI Pusat ini mengingatkan, di kala kita berlimpah dengan makanan saat berbuka puasa, sementara di belahan bumi lain, umat Islam menderita.

“Para yatim, janda dan dhuafa yang suami atau bapak-bapak mereka gugur dalam konflik, jangankan makan untuk esok, hari ini pun mereka tidak tahu makan apa. Jadi sangat tidak elok jika kita di sini menikmati berbagai hidangan, sementara di sana saudara-saudara kita ada yang memakan rumput setiap harinya dan mengais sampah bersama hewan untuk mencari makan hari ini,” ungkap Direktur AQL Islamic Center ini.

Tak hanya bantuan makanan, IHR juga menyalurkan bantuan untuk pakaian dan kesehatan. Untuk itu, dalam jangka pendek ini, ujar Bachtiar Nasir, IHR yang bermitra dengan Sinergi Foundation dan lembaga lainnya, menyiapkan dana US$100.000 (sekitar Rp 1.350.000.000 dalam hitungan rate kurs hari ini).

Selain menyalurkan amanah kemanusiaan, IHR juga melakukan misi diplomasi dan aksi. Di antaranya kunjungan kepada Duta Besar Turki untuk Indonesia, Zekeriya Akcam, di Jakarta, dan bersilaturahim ke kantor AFAD (Lembaga Negara Penanggulangan Bencana Turki) di Istanbul.

“Hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan dukungan rakyat Indonesia bagi pemerintah dan rakyat Turki, yang saat ini menampung sekitar 3 juta pengungsi Suriah. Turki adalah negara penampung pengungsi terbesar saat ini,” ujar alumnus Madinah University ini.

Jumpa Pers IHR bersama Sinergi Foundation-2
Jumpa Pers Indonesian Humanitarian Relief (IHR) bersama Sinergi Foundation, Jumat (24/6/2016) di Jakarta (Foto: dokumentasi salam-online)

Untuk itu, terang Bachtiar, baik Duta Besar Turki maupun pihak AFAD menyatakan, bahwa negara pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan itu membuka peluang kerja sama dengan organisasi kemanusiaan mana pun, termasuk IHR, yang ingin menyalurkan bantuan kepada para pengungsi Suriah. Terutama pengungsi Suriah yang berada di wilayah kerja AFAD di Turki. (s)

Baca Juga