Organisasi Sosial Turki Renovasi 45 Masjid dan 70 Rumah Tua di Kota Al-Quds Palestina

boy-waving-turkish-flag-palestine
Seorang anak Palestina mengibarkan bendera Turki

SALAM-ONLINE: Sebuah organisasi Turki yang bertanggungjawab untuk melindungi dan merenovasi warisan Ottoman di kawasan di Palestina yang dijajah Zionis, telah merenovasi 45 masjid tua dan 70 rumah tua di kota suci Al-Quds, Middleeastmonitor, melaporkan Senin (21/6).

Khalis Mutlu, seorang pejabat setempat, mengatakan bahwa ada 4.000 rumah tua yang membutuhkan renovasi di Kota Tua Yerusalem itu.

Ia menambahkan “Israel” berencana untuk membersihkan Yerusalem dari kaum Muslimin.

Dia mengatakan penjajah itu telah menempatkan sejumlah kendala dalam usaha kelompok Turki. Mereka dipaksa bekerja dengan tenggat waktu yang ketat untuk menyelesaikan pekerjaan atau otoritas penjajah “Israel” akan menghancurkan properti itu.

“Kami menyelesaikan renovasi bangunan yang diizinkan ‘Israel’, termasuk Masjid Agung di Haifa, yang merupakan bagian dari warisan Ottoman,” katanya.

Baca Juga

“Otoritas ‘Israel’ mengirim surat kepada kami empat tahun lalu, kami merenovasi masjid atau mereka akan menghancurkannya,” ujarnya, “kami segera mulai renovasi.”

Khalis Mutlu juga mengungkapkan bahwa otoritas penjajah telah menyita rumah-rumah tua Palestina dan tempat-tempat ibadah. Sejumlah bangunan memerlukan renovasi, tapi “Israel” menolak untuk mengizinkan pengerjaan renovasi tersebut.

Fathia Qteeneh, pemilik salah satu rumah, mengatakan lima keluarga tinggal di rumahnya, yang sudah mulai rusak. Ia menerangkan tidak punya cukup uang untuk merenovasinya dan “Israel” menawarkan untuk membelinya. “Tapi kami tolak,” tegasnya.

“Kami mendengar tentang masyarakat Turki, dan menghubungi mereka, mereka segera mulai renovasi. Kami berterimakasih banyak kepada mereka dan saya selalu berdoa semoga Allah melindungi mereka,” ungkapnya. (EZ/salam-online)

Sumber: Middleeastmonitor

Baca Juga