Lagi, Dua Komandan Garda Revolusi Iran Tewas di Suriah

Suriah-iranian revolutionary guards
Garda Revolusi Iran

SALAM-ONLINE: Dua komandan dari Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) tewas pekan ini di provinsi Aleppo barat laut Suriah, media Iran melaporkan Senin, lansir Middleeastmonitor, Jumat (15/7).

Sayyid Riza Mirasi, seorang pensiunan kolonel IRGC, tewas awal pekan ini, menurut laporan media local. Sementara Mayor RGC Abulfazl Nikzad tewas dalam bentrokan pada Rabu (13/7) antara pasukan rezim Suriah dan pejuang oposisi.

Awal bulan lalu, tiga pejabat IRGC lainnya, salah satunya diidentifikasi sebagai Kolonel Reze Rustemi Mukaddem tewas di Aleppo, yang saat ini masih menjadi ajang pertempuran sengit antara pasukan rezim dengan kelompok-kelompok oposisi.

Pada Mei lalu, seorang komandan senior IRGC mengakui bahwa sebanyak 1.200 tentara Iran telah tewas di Suriah. Seperti diketahui, milisi Syiah Iran dan Hizbullat Lebanon mendukung rezim Asad dalam konflik yang meletus sejak maret 2011 itu.

Baca Juga

Suriah menjadi ajang pertempuran brutal sejak 2011, ketika rezim Asad menumpas protes damai massa yang meletus sebagai bagian dari “Musim Semi Arab” dengan kebiadaban tak terduga.

Sejak itu, ratusan ribu orang meregang nyawa dan lebih dari 10 juta menjadi pengungsi, menurut PBB.

Pusat Penelitian Kebijakan Suriah telah mencatat angka korban tewas akibat konflik lima tahun lebih itu di angka lebih dari 470.000 orang. (EZ/salam-online)

Sumber: Middleeastmonitor

Baca Juga