Serangan Koalisi AS di Aleppo Tewaskan Sedikitnya 160 Warga Sipil Suriah

Suriah-serangan koalisi AS tewaskan 160 warga sipil-1SALAM-ONLINE: Koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) Selasa (19/7) kemarin membumihanguskan desa Al-Tukhar di Manbij, pinggiran Aleppo.

Setidaknya 160 warga sipil tewas, termasuk anak-anak pada Selasa (19/7) kemarin dalam serangan yang dilancarkan oleh pesawat-pesawat tempur koalisi pimpinan AS di desa Al-Tukhar, Manbij, pinggiran Aleppo, menurut sumber-sumber lokal.

Serangan udara menargetkan sekelompok warga sipil yang berusaha melarikan diri dari bentrokan di desa Tukhar, salah satu sumber lokal mengatakan kepada kepada kantor berita Anadolu, Selasa (19/7).

“Seluruh keluarga tewas dalam serangan itu,” kata sumber itu seraya menambahkan bahwa serangan udara itu juga menyebabkan sedikitnya 100 orang luka-luka.

Isi kampung sebagian besar adalah pengungsi Suriah dari kota Aleppo.

Sekitar 100 warga sipil lainnya terluka dalam serangan tersebut, termasuk sebagian di antaranya berada dalam kondisi serius, kata Observatorium Suriah untuk HAM yang berbasis di Inggris.

Baca Juga

“Warga melarikan diri dari desa Al-Tukhar di provinsi Aleppo ketika serangan terjadi,” kata direktur Observatorium Rami Abdel Rahman, seperti dikutip AFP.

Dengan dalih memerangi ISIS, namun serangan koalisi AS itu justru menyasar warga sipil.

Terkait serangan keji itu, koalisi belum memberikan komentar namun mengatakan mereka akan memeriksa laporan tersebut. (s)

Sumber: Anadolu, AFP

Baca Juga