Jelang 212, Pagi Ini 70 Ormas Jatim Kembali Turun ke Jalan dalam Aksi Bela Islam untuk NKRI

jatim-70-ormas-islam-turun-ke-jalan-tuntut-penjarakan-ahokSURABAYA (SALAM-ONLINE): Diperkirakan 10.000 Muslim Jawa Timur yang berasal dari 70 ormas dan elemen yang tergabung dalam Gerakan Umat Islam Bersatu (GUIB ) Jatim akan kembali turun ke jalan untuk menuntut dipenjarakannya tersangka Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait kasus penistaan agama.

Kegiatan yang bertajuk “Tabligh Akbar Silaturrahim Umat, Aksi Bela Islam Menuju 212” ini akan dilangsungkan pada Ahad (27/11) pagi ini hingga siang jelang waktu Zuhur di depan Masjid Al-Falah Jalan Darmo, Surabaya.

“Aksi ini dimaksudkan untuk meneguhkan kembali NKRI dengan kebhinekaannya yang juga berlandaskan pada keadilan, sehingga semua elemen bangsa ini bisa hidup dengan tenteram dan nyaman, karena mendapatkan perlakuan yang adil,” ujar Sekjend GUIB Jatim Muhammad Yunus kepada Islamic News Agency (INA), Sabtu (26/11/2016).

Menurut Yunus, sejak semula aksi-aksi yang dilakukan oleh umat Islam Jawa Timur adalah gerakan yang damai dan santun, sehingga semua orang tidak merasa terganggu. Sebaliknya merasa mendapatkan manfaat dari aksi aksi ini, utamanya perlakuan adil di depan hukum.

Dalam aksi ini, para peserta diharapkan mengenakan pakaian putih dengan ikat kepala merah putih, serta membawa bendera merah putih.

“Kami akan tegaskan bahwa kami cinta Islam, Cinta keadilan dan Cinta NKRI. Upaya provokasi yang menyebutkan bahwa kami memecah belah persatuan, kami merongrong NKRI dan bahkan tuduhan bahwa aksi kami adalah makar, adalah keliru besar, dan justru kita sesama bangsa akan diadu domba. Kami pastikan bahwa kami akan jaga ketertiban, kita semua bersaudara,” ujarnya.

Baca Juga

Dalam aksi ini, seluruh peserta aksi juga diserukan untuk membawa bekal sendiri dan menggunakan ikat kepala merah putih serta bendera merah putih. Juga diserukan sudah dalam keadaan berwudhu dan membawa sajadah. Aksi ini akan dilakukan mulai jam 07.00 sampai dengan jam 11.30 WIB, dilanjutkan dengan shalat zuhur berjamaah.

Pada 21 Oktober 2016 lalu, GUIB Jatim juga telah menggelar aksi damai yang dihadiri sekitar 10 ribu massa umat Islam Jawa Timur di depan Mapolda Jatim dan Kejati Jatim.

Aksi bertajuk ‘Tabligh Akbar Aksi Bela Islam’ ini kembali dilakukan terkait kasus dugaan penodaan agama dengan terlapor Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

GUIB adalah gabungan organisasi Muslim Jawa Timur, di antaranya NU, Muhammadiyah, Al Irsyad, Hidayatullah, FPI, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Pelajar Islam Indonesia (PII), HMI, FUI, Dewan Masjid Indonesia, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Fatayat NU, Albayyinat Jatim, Persatuan Islam (Persis), Muslimat NU, Forum Madura Bersatu (Formabes), dan masih banyak lagi. Isa (INA)

Baca Juga