Analis di Moskow Ungkap Peran Penting Rusia Bantu Rezim Asad Rebut Kembali Aleppo

SALAM-ONLINE: Jet-jet tempur Rusia memainkan peran sentral dalam melancarkan serangan brutal di Aleppo timur, wilayah yang mayoritas dikuasai kelompok pejuang Suriah. Peran penting Rusia dalam memberikan bantuan terhadap Asad, rezim Suriah itu semakin kuat.

“Tanpa Rusia, tidak akan terjadi terhadap Aleppo seperti saat ini,” kata Alexei Malashenko, seorang analis di Carnegie Center di Moskow, sebagaimana dikutip Zaman al Wasl, Jum’at (16/12).

“Semuanya difokuskan pada Aleppo,” imbuhnya sembari mengungkapkan bahwa Rusia juga menerjunkan penasihat militer yang intens memberi masukan terhadap pasukan Asad di darat.

Malashenko mengatakan, penasihat Rusia telah memainkan peran mereka dalam membantu operasi darat. Ia mencatat bahwa seorang komandan Rusia yang tewas beberapa waktu lalu di Aleppo karena serangan roket oposisi Suriah adalah salah satu faktanya.

Baca Juga

Selain membantu pasukan militer, ada satu hal lain yang menjadi perhatian Rusia. Yakni memastikan tidak adanya intervensi dari pihak Barat di Aleppo atas serangan militer tersebut. Ini ditunjukkan dengan penempatan kapal perang Rusia, termasuk kapal induk yang aktif melakukan patroli di sekitar wilayah Aleppo. (EZ/salam-online)

Sumber: Zaman al Wasl

Baca Juga