Turki Resmi Berikan Fasilitas Pendidikan kepada 800.000 Lebih Anak-anak Suriah


Anak-anak Suriah dapat fasilitas pendidikan di Turki

SALAM-ONLINE: Pemerintah Turki telah memberikan fasilitas pendidikan kepada anak-anak pengungsi Suriah. Pernyataan resmi Turki telah dikeluarkan dengan fokus pada pendidikan bagi seluruh anak-anak pengungsi Suriah.

“Anak-anak yang telah melarikan diri dari penindasan di Suriah akan diintegrasikan ke dalam sistem pendidikan,” ujar pernyataan tersebut seperti dilansir Hurriyet, Senin (12/12).

Sekitar 133.400 siswa Suriah saat ini terdaftar di sekolah umum yang dikelola oleh Departemen Pendidikan, tetapi ada hampir 832.000 anak usia 6 hingga 18 tahun yang siap disekolahkan dan mendapatkan fasilitas pendidikan di Turki.

“Tidak ada yang pernah melakukan hal seperti ini mungkin sejak Perang Dunia Kedua,” kata Kepala Bantuan Kemanusiaan Kantor Komisi Eropa (ECHO) di Turki, Jane Lewis, kepada Hurriyet Daily News.

“Ada banyak anak (Suriah) di Turki yang perlu bersekolah,” tambah Lewis.

Lewis mencatat, lebih dari 420.000 anak Suriah dari total 832.000 sudah disekolahkan oleh pemerintah Turki.

Ia mengatakan semua anak Suriah memiliki hak untuk bersekolah di Turki atau pusat-pusat pendidikan sementara. Tapi kebanyakan dari mereka hanya bisa berbicara dalam bahasa Arab. Karena itu, hambatan bahasa adalah yang paling sering terjadi. (EZ/salam-online)

Sumber: Hurriyet