Hasil Pertemuan Astana, Tiga Negara Perkuat Gencatan Senjata di Suriah

ASTANA (SALAM-ONLINE): Rusia, Turki dan Iran, Selasa (24/1) telah sepakat memperkuat gencatan senjata di Suriah yang selama ini rapuh.

Teheran diminta lebih berperan dalam mengawasi gencatan senjata. Namun pihak oposisi menyatakan keberatan atas peran Teheran di Suriah.

“Pertemuan telah membentuk mekanisme trilateral untuk mengawasi dan memastikan keterlibatan penuh dalam gencatan senjata,” demikian pengumuman dari tiga negara tersebut terkait hasil pertemuan Astana, Kazakhstan, Aljazeera melaporkan, Rabu (25/1).

Tiga kekuatan regional itu juga sepakat bahwa kelompok oposisi siap untuk berpartisipasi dalam pembicaraan damai Suriah pekan ini. Mereka akan mengambil bagian dalam putaran baru pembicaraan damai yang disponsori PBB bulan depan di Jenewa.

Baca Juga

Namun penasihat hukum oposisi Suriah, Osama Abu Zaid, mengatakan partisipasi mereka tergantung pada pemenuhan permintaan.

“Oposisi telah menyajikan skema mekanisme untuk mengawasi dan mengimplementasikan gencatan senjata,” kata Abu Zaid saat press briefing, tak lama setelah pernyataan bersama itu dibuat. (EZ/salam-online)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga