Jet Tempur Rezim Asad Gempur Wilayah Oposisi di Homs

SALAM-ONLINE: Jet tempur rezim Basyar Asad melakukan pengeboman pada sebuah distrik yang dikuasai kelompok oposisi di Kota Homs, bagian barat Suriah.

Serangan tersebut menewaskan delapan orang, menurut petugas penyelamat dan kelompok pemantau, lansir Aljazeera, Kamis (9/2).

Sebuah media pro-Asad mengatakan pesawat rezim Suriah menyerang wilayah kelompok oposisi di kawasan Al-Waer setelah para pejuang menembak wilayah-wilayah di Homs yang dikuasai rezim.

Wilayah Al-Waer selama berbulan-bulan terhindar dari pengeboman intensif yang dilakukan oleh angkatan udara Suriah dan Rusia, tidak terkecuali daerah lain seperti provinsi Idlib yang dikendalikan oleh lawan-lawan rezim Basyar Asad.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berbasis di Inggris mengungkapkan sedikitnya delapan orang gugur dalam pengeboman yang dilancarkan rezim.

Sementara itu, relawan pertahanan sipil Suriah mengatakan layanan penyelamatan yang beroperasi di wilayah yang dikuasai oposisi tidak memberikan angka baru terhadap korban jiwa. Namun, melalui halaman Facebook, para pejuang di Al-Waer dipukul mundur oleh rezim Asad hingga melukai anggota relawan pertahanan. Ada pula korban jiwa di tempat lain, termasuk wanita dan anak-anak.

Baca Juga

Seorang aktivis media oposisi di Al-Waer, Osama Abu-Zeid, mengatakan bahwa sudah sejak beberapa bulan pengeboman yang signifikan dilancarkan di beberapa daerah.

“Kemarin tiba-tiba meningkat,” katanya kepada kantor berita Reuters, seperti dilaporkan Aljazeera.

Pada bulan September, sekitar 120 pejuang oposisi dan keluarga mereka meninggalkan Al-Waer sesuai perjanjian dengan rezim. Namun tidak ada laporan lebih lanjut dari oposisi yang meninggalkan daerah tersebut. (EZ/salam-online)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga