Turki Bangun Komplek Panti Asuhan untuk Anak-anak Suriah


Anak-anak Suriah di Kota Douma, Damaskus Timur. (Foto: AFP)

SALAM-ONLINE: Pemerintah Turki membangun komplek panti asuhan untuk anak-anak pengungsi Suriah. Sebanyak 1.000 anak-anak Suriah mendapat pendidikan dan mendapatkan tempat tinggal yang aman di komplek ini.

Komplek panti asuhan yang dapat menampung hampir 1.000 anak-anak Suriah tersebut diresmikan pada Kamis (18/5).

Terletak di kota Reylili, Turki selatan, dekat perbatasan Suriah, panti asuhan yang didirikan oleh Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH) dan Yayasan Qatar Sheikh Thani Ibn Abdullah, seperti dilansir Middleeasteye, Kamis (18/5/2017), ini akan menampung 990 anak dari 55 rumah yang dibangun.

Proyek yang dimulai pada Juli 2015 dengan bantuan pemerintah Turki itu memiliki tiga sekolah, sebuah masjid, klinik kesehatan, taman bermain dan pusat kebudayaan, kata IHH dalam sebuah pernyataan.

Komplek ini dibangun menyerupai sebuah lingkungan kecil, dikelola oleh 400 orang, termasuk perawat, guru, dokter, psikolog dan tukang kebun.

IHH mengatakan, ini adalah “ruang terbesar yang diperuntukkan bagi korban perang yatim piatu di dunia”. Komplek ini juga akan memiliki pusat rehabilitasi khusus untuk anak-anak yang telah mengalami “trauma besar”.

Menurut UNICEF, 2,3 juta anak-anak Suriah tinggal sebagai pengungsi di Turki, Lebanon, Yordania, Mesir dan Irak.

Sekitar 1,3 juta anak-anak dan remaja berusia 18 tahun ke bawah termasuk di antara 2,9 juta pengungsi Suriah yang tinggal di Turki, menurut Kementerian Dalam Negeri Turki. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Middleeasteye