Perolehan Zakat Meningkat, Baznas Kota Bogor Luncurkan Enam Program Kreatif


Anak Yatim tengah menikmati perolehan zakat dengan berbelanja di pasar swalayan dalam rangkaian Tebar Hadiah Ramadhan (THR), salah satu dari enam program kreatif Baznas Kota Bogor. (Foto: MNM/Salam-Online)

BOGOR (SALAM-ONLINE): Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor pada tahun ini mengalami kenaikan perolehan dalam penerimaan harta (Maal) dari zakat kaum Muslimin. Oleh karenanya, Baznas meluncurkan enam program khusus (Gebyar Ramadhan) di bulan Ramadhan 1438 ini.

Enam program tersebut berupa Takjil Keliling Kampung, Marbot Juara, Mushalla Indah Mukena Cantik, Buka Bersama Lansia, Tebar Hadiah Ramadhan (THR) dan Parcel Ramadhan. Program ini setidaknya melibatkan 1.900 mustahiq (penerima zakat).

Diluncurkannya 6 program kreatif tersebut pada Sabtu (18/6) hingga Jumat (23/6), menurut kepala bagian bidang pengumpulan, Luthfi Kurnia, bertujuan untuk memberikan kesadaran masyarakat dalam membayar zakat.

“Baznas Kota Bogor mengeluarkan program yang unik, kreatif dan bisa menginspirasi bagi masyarakat Kota Bogor dalam meningkatkan ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah)) dan membangun proses transparansi terkait dana yang didistribusikan melalui program tepat sasaran,” ujar Lutfi dalam keterangannya.

Senada dengan Lutfi, Ketua Baznas Kota Bogor Chotib Malik mengatakan melalui program ini, Baznas mencoba mensosialisasikan ZIS untuk menyadarkan umat Islam agar membayat zakat sesuai dengan aturan.

“Kita mencoba memberikan kesadaran membayar zakat sesuai dengan aturan melalui program ini,” terang Chotib. (Nizar Malisy/Salam-Online)