Untuk Pertama Kalinya Konvoi Bantuan PBB Masuk Kawasan ISIS di Suriah

DEIR EL-ZOUR (SALAM-ONLINE): Konvoi bantuan pertama PBB dalam tiga tahun terakhir telah tiba di ‘daerah kekuasaan’ ISIS di Deir el-Zour, Suriah, lansir Anadolu Agency, Jumat (15/9).

Juru bicara UNHCR Andrej Mahecic mengatakan pada di Jenewa bahwa akses ke daerah tersebut baru terbuka pekan lalu.

Sekitar 93.000 orang di Deir el-Zour—kota terbesar di Suriah timur—terjebak sejak tahun 2014 sampai dengan porak porandanya ‘wilayah ISIS’ di kota tersebut baru-baru ini. Sebelumnya, akses ke warga sipil di sana hanya bisa dijangkau melalui jalur udara.

“Karena pertempuran sengit di sekitar Deir el-Zour dan di Raqqa berlanjut, UNHCR mengulangi seruannya untuk melindungi penduduk sipil, memberikan jalan aman mereka keluar dari wilayah konflik dan menghormati prinsip-prinsip hukum humaniter internasional,” kata Mahecic.

ISIS mengempur sebagian besar Deir el-Zour pada pertengahan 2014, provinsi yang dihuni sekitar 230.000 orang tersebut.

Baca Juga

Serangan ISIS tersebut membuat pasukan rezim Asad terkepung di pusat kota, sementara kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi itu tetap memegang kendali sebagian besar pedesaan di sana.

Namun, pada awal Juli lalu, pasukan rezim Asad yang didukung oleh Rusia, secara efektif menghancurkan blokade ISIS dengan melancarkan serangan ke pusat provinsi dari arah barat.

Pada saat itu, pasukan rezim menghentikan kemajuan ISIS dengan menggunakan Sungai Efrat sebagai pembatas antara mereka dengan PKK/PYD dukungan Rusia dan AS. (MNM/Salam-Online)

Sumber: Anadolu

Baca Juga