Tahun 2017, 715 Ribu Pengungsi Suriah Kembali ke Negaranya

SALAM-ONLINE: Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan pada Selasa (21/11/2017) bahwa antara Januari sampai Oktober 2017, hampir 715.000 pengungsi Suriah telah kembali ke negara mereka yang telan dilanda konflik hampir tujuh tahun.

Namun angka IOM yang dirilis di situsnya itu juga menunjukkan bahwa di antara mereka yang kembali ke rumah, sekitar 38.000 orang mengungsi kembali.

Meskipun sekitar 96 persen warga kembali ke rumah mereka, namun banyak sekali rumah yang “rusak dan membutuhkan perbaikan ekstensif”, kata IOM dalam sebuah pernyataan.

Sebanyak 25 persen orang yang kembali seperti dilaporkan, menyatakan alasan mereka kembali ke rumah adalah untuk melindungi aset dan properti. Selain itu, 20 persen mengatakan bahwa mereka telah melihat adanya perbaikan situasi keamanan begitu mereka kembali.

Baca Juga

IOM juga melaporkan pengungsi yang kembali menetap di daerah yang hancur akibat konflik yang telah berlangsung hampir tahun itu, sekitar setengah dari mereka mengungkapkan kurangnya akses terhadap air bersih, makanan dan kesehatan. (MNM/Salam-Online)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga