Dalam Suasana Perang, Pejuang Suriah Lindungi Umat Kristen Saat Misa Natal

Warga Suriah melaksanakan kebaktian di gereja saat natal

AL-SUWAYDA (SALAM-ONLINE): Dalam suasana perang, Komunitas Kristen Suriah Selatan merayakan Natal di tengah penjagaan keamanan ketat yang diberikan kelompok pejuang oposisi.

Di wilayah-wilayah yang dikuasai oposisi di provinsi Al-Suwayda bagian selatan, sejumlah umat Kristen mengambil bagian dalam kebaktian dan misa natal di gereja di kota Harb yang mayoritas Kristiani.

Komunitas Kristen yang tengah menikmati liburan natal juga mengunjungi keluarga mereka dan menghias rumah, kebun dan jalan-jalan mereka dengan lampu natal berwarna-warni.

Sementara para pejuang oposisi menerapkan tindakan pengamanan ketat, menempatkan penjaga di sekitar gereja dengan maksud untuk mencegah kemungkinan terjadi serangan.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Rabu (27/12/2017), warga menyatakan puas dengan perlindungan keamanan yang diberikan oleh kelompok oposisi.

Baca Juga

Menurut seorang warga, George Bishara, Kota Harb di Suriah adalah contoh perwujudan damai antara Muslim dengan Kristen di negara yang tengah dilanda perang tersebut.

“Tidak ada masalah di antara kita,” kata Bishara kepada Anadolu Agency. “Kedua komunitas saling menghormati perayaan agama masing-masing.”

Abu Saddam, seorang komandan pejuang oposisi, memastikan bahwa pihaknya melindungi komunitas Kristen di wilayah tersebut saat merayakan natal.

“Kami bertanggungjawab untuk melindungi umat Kristen,” katanya kepada Anadolu Agency. “Ini bertentangan dengan klaim rezim Asad, pejuang oposisi bukanlah musuh orang-orang Kristen.” (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga