Mengakui Kemerdekaan Palestina Sudah Jadi Kewajiban Bangsa Indonesia

Aksi Bela Palestina di Monas. (Foto: MNM/Salam-Online)

JAKARTA (SALAM-ONLINE):  Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengajak bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

“Sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan” tegas Anies mengutip Pembukaan UUD 45 dalam orasinya pada Aksi Bela Palestina di Monas, Jakarta, Ahad (17/12/2017).

Mengakui kemerdekaan Palestina, ujar Anies, sudah menjadi keharusan bagi bangsa Indonesia. “Penegasan bahwa Indonesia selalu mengakui Kemerdekaan Palestina sudah menjadi kewajiban yang harus terus dilakukan,” terangnya.

Dengan membacakan pembukaan UUD 1945 tersebut Anies ingin menegaskan bahwa konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mengamanatkan cikal bakal pembebasan kolonialisme.

Baca Juga

“Karena itu kita semua yang berkumpul semua di sini mengetahui persis apa itu penjajahan. Oleh karenanya Indonesia dan masyarakat di sini harus selalu memberikan dukungannya,” ungkap Anies.

Aksi bela Palestina digelar sebagai bentuk penolakan atas keputusan sepihak Presiden AS Donald Trump yang mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota Zionis “Israel”, si penjajah. AS juga akan memindahkan kantor Kedutaan Besarnya di wilayah jajahan Zionis tersebut dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menginisiasi Aksi Bela Palestina, bersama elemen umat dan sejumlah ormas Islam, Ahad (17/12), menolak klaim tersebut karena Indonesia menentang segala bentuk penjajahan. (EZ/Salam-Online)

Baca Juga