Digelar di Wilayah Jajahan Zionis, Hamas tak Akan Hadiri Pertemuan Dewan Pusat PLO

RAMALLAH (SALAM-ONLINE): Gerakan perlawanan Palestina Hamas, Jumat (12/1/18) mengatakan tidak akan menghadiri sebuah pertemuan Dewan Pusat Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) pekan depan di Ramallah.

“Ismail Haniyeh, Kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, dalam sebuah surat resmi mengatakan kepada Ketua Dewan Nasional Palestina PLO, Salim Zanoun bahwa partai tersebut tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan dewan pusat pada Ahad dan Senin depan,” kata stasiun radio resmi Palestina sebagaimana dilansir Anadolu Agency, Sabtu (13/1).

Seorang pejabat senior Hamas yang tak mau disebutkan namanya mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa Hamas mengambil keputusan tersebut setelah beberapa hari berdiskusi antara pemimpin gerakan tersebut di dalam dan luar Palestina.

“Pertemuan akan diadakan di Ramallah, Tepi Barat yang diduduki, yang berarti pejabat senior Hamas tidak dapat hadir,” katanya.

Dia menambahkan bahwa “pertemuan akan diadakan tanpa agenda khusus, yang memperkuat keyakinan oleh kepemimpinan gerakan bahwa tidak ada keputusan konkret yang akan diambil.”

Baca Juga

Sebelumnya gerakan Jihad Islam pada Selasa mengumumkan bahwa mereka tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan tersebut karena akan diadakan di sebuah kota yang diduduki penjajah Zionis.

Desember 2017 lalu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan sebuah pertemuan Dewan Pusat Palestina untuk membahas langkah-langkah yang akan diambil terhadap keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengklaim secara sepihak Yerusalem (Al-Quds) sebagai ibu kota Zionis “Israel”. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga