MUI Berencana Gelar Seminar Masa Depan Suriah

Muhyidin Junaidi

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Majelis Ulama Indonesia (MUI) berencana menggelar seminar terkait masa depan negara Suriah yang saat ini dilanda konflik.

Seminar diadakan untuk menjelaskan secara komprehensif terkait peta Indonesia dalam kancah perpolitikan Timur Tengah yang akhir-akhir ini selalu panas.

“Kami ingin memberikan penjelasan komprehensif soal peran Jakarta ini di kancah politik di dunia terutama di Timur tengah,” ujar Ketua MUI Bidang Luar Negeri Muhyidin Junaidi saat ditemui di Kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta, Selasa (30/1/18).

Menurut Muhyidin, rencananya seminar tersebut akan melibatkan beberapa pihak seperti Dubes Suriah untuk Indonesia, Pemerintah, Ormas Keagamaan dan pemerhati Timur Tengah, tremasuk pihak oposisi Suriah yang juga mungkin, kata dia, ingin didengarkan aspirasinya.

Baca Juga

Hal itu dilakukan agar ada dialog berbagai pihak dalam satu forum terkait solusi terbaik untuk masa depan Suriah dan negara-negara Timur Tengah yang terkena dampak.

“Karena ada phak-pihak luar yang mungkin aspirasinya harus diterima, katakanlah pihak oposisi,” ujar Muhyidin.

Selain itu, seminar yang belum dipastikan kapan dan di mana dilaksanakannya itu, jika diperlukan lembaga kemanusiaan akan terlibat ikut untuk menjelaskan kondisi krisis di Suriah yang telah berlangsung hampir tujuh tahun itu.

“Betapa susahnya menyalurkan Humanitarian Asistant (bantuan kemanusiaan) ke sana. Filantropi yang sudah berpengalaman di sana,” terang Muhyidin. (MNM/Salam-Online)

Baca Juga