Oposisi Suriah Cegah Upaya PYD/PKK Menyusup ke Provinsi Aleppo

SALAM-ONLINE: Oposisi Suriah yang tergabung ke dalam Tentara Pembebasan Suriah (FSA) mencegah upaya PYD/PKK untuk menyusup ke provinsi Aleppo, utara Suriah, kata komandan FSA, seperti dilansir kantor berita Anadolu, Ahad (28/1/18).

“PYD/PKK mencoba menyusup ke bagian selatan Distrik Mare, Aleppo,” kata Komandan Militer FSA Abu Sitayf Minnag kepada Anadolu Agency. Minnag menyatakan bahwa PYD/PKK dicegat oleh FSA.

Bentrokan pun tak terelakan. “Empat teroris tewas dan 17 terluka dalam bentrokan tersebut,” katanya.

Minnag mengatakan bahwa serangan PYD/PKK adalah sebagai upaya kelompok Teror itu untuk membalas serangan Turki dalam “Operation Olive Branch”.

Pada 20 Januari 2018, Turki mulai meluncurkan Operation Olive Branch untuk menumpas kelompok teror PYD/PKK dan ISIS dari wilayah barat laut Afrin, Suriah.

Sejak awal operasi, Turki dan FSA membebaskan wilayah lebih dari 2.000 kilometer persegi.

Baca Juga

Staf Umum Militer Turki mengatakan operasi Afrin bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan dan wilayah Turki serta melindungi warga Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional. Militer juga mengatakan “sangat ditekankan ” untuk menghindari terbunuhnya warga sipil dari pertempuran menumpas kelompok teror dukungan AS tersebut.

Wilayah Afrin sendiri telah menjadi tempat persembunyian dan basis utama bagi PYD/PKK sejak Juli 2012 ketika rezim Basyar Asad menyerahkan kota tersebut ke kelompok teror itu secara cuma-cuma. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga